10 Tips untuk Bapak Mendukung Ibu Menyusui ASI

Seorang bapak mungkin merasa tidak banyak yang dapat dilakukan untuk membantu ibu menyusui dengan Air Susu Ibu (ASI). Padahal peran bapak atau pasangan dapat menjadi vital dan memberikan banyak pengaruh baik bagi ibu menyusui dengan ASI maupun untuk bayi. Karena itulah artikel bertajuk 10 Tips Untuk Bapak Guna Mendukung Ibu Menyusui ini dibuat.

Perempuan akan lebih leluasa dan nyaman untuk menyusui lebih lama ketika mereka mendapatkan dukungan dari pasangan mereka. Dukungan kepada ibu menyusui memberikan kebanggan tersendiri yang sangat besar bagi ibu dan beragam manfaat kesehatan bagi ibu dan bayi. Selain itu, dukungan menyusui dapat menjadi pengalaman berharga yang memperkuat ikatan emosional untuk seluruh anggota keluarga. Berikut ini adalah beberapa tips praktis untuk Ayah / Bapak dalam mendukung Ibu menyusui dengan ASI yang disunting dari situs National Health Service (NHS) Inggris dan sumber lainnya.
10 Tips Untuk Bapak Guna Mendukung Ibu Menyusui ASI

Tips praktis Bapak atau pasangan dalam membantu Ibu menyusui:

1. Datanglah ke kelas antenatal atau kelas menyusui.

Ada beberapa sesi yang memang ditujukan terutama untuk bapak. Tanyakan pada bidan, posyandu, puskesmas atau rumah sakit tempat ibu melahirkan untuk informasi lebih lanjut. Mempelajari informasi sebagaimana Ibu dan mendiskusikannya bersama-sama akan sangat membantu, terutama pada hari-hari awal ketika semuanya adalah pengalaman yang sangat baru dan kadang-kadang terasa luar biasa.

2. Berikan Dukungan Psikologis (Emosional) dan Praktis.

Menyusui bisa menjadi waktu yang sangat sulit di hari-hari awal ketika bayi mengambil semua waktu dan tenaga Anda. Tapi itu tidak berlangsung selamanya. Sediakan waktu sebisa mungkin untuk kebersamaan dengan Ibu dan bayi. Lakukan hal-hal kecil untuk membuat Ibu dan bayi merasa diperhatikan. Selain itu, bapak juga dapat menjadi orang terdekat yang membantu mengingatkan ibu untuk selalu mengkonsumsi makanan yang bergizi.

3. Mengatur cuti.

Bicaralah dengan atasan mengenai pulang lebih awal sehingga bapak bisa merencanakan aktivitas bersama sesuai dengan kebutuhan keluarga. Atau mungkin juga meminta ijin untuk tidak lembur selama beberapa waktu agar mempunyai lebih banyak waktu untuk mendukung ibu menyusui bayi dengan ASI.

4. Buatlah hidup Ibu lebih mudah dan menyenangkan.



Hal-hal kecil terkadang membuat perbedaan besar. Misalnya, membawa Ibu makan malam jika bayi ingin menyusui pada saat yang sama, membawanya secangkir teh dan majalah untuk menambah pengetahuan dan menghilangkan kejenuhan, atau mungkin mengatur anggota keluarga atau teman untuk menemani ibu dan bayi saat Bapak bekerja.

5. Bantu Ibu menghilangkan stres.

Jika Anda sudah memiliki beberapa anak, hilangkan stres dari ibu dengan mengajak anak lain bermain saat ibu menyusui bayi. Jika perlu, ajak keluar rumah untuk memberikan waktu bagi Ibu untuk bersantai dan memulihkan energi. Stres pada Ibu sangat berpotensi menurunkan jumlah ASI dan bahkan dapat membuat ASI tidak keluar lagi.

6. Berhati-hati dalam berkomunikasi.

Pada masa ini Ibu memiliki banyak aktivitas tambahan dari hari-hari biasanya. Ini membuatnya lelah dan terkadang komentar bapak (meskipun bertujuan baik) salah dimengerti oleh ibu dan membuatnya sedih atau kesal. Memberikan pelukan hangat dengan penuh kasih sayang biasanya menjadi jalan terbaik untuk menunjukkan perhatian pada Ibu.

7. Turut terlibat dalam Merawat bayi.

Memandikan bayi, mengganti popok dan menemani bayi menjelang tidur adalah cara terbaik untuk mempererat ikatan emosi antara bapak dengan bayi.

8. Susui bayi dengan botol ASI.

Setelah beberapa minggu, jika Ibu mulai memeras ASI-nya, Anda bisa menyusui bayi dengan botol ASI. Tidak semua bayi tertarik dengan dot dan ASI dalam botol - beberapa lebih memilih untuk hanya menyusui dengan Ibu.

9. Bantu membersihkan peralatan.

Membantu membersihkan peralatan Ibu setelah memerah ASI seperti alat pompa asi, botol asi, dan peralatan lainnya membuat Ibu dapat memiliki lebih banyak waktu untuk beristirahat. Sebelum melakukannya, pelajari dengan seksama mengenai cara sterilisasi peralatan tersebut.

10. Memberi makan bayi.

Setelah enam bulan, bayi akan siap untuk mencoba makanan padat dan Anda dapat menikmati waktu yang menyenangkan ini dengan memberinya makanan bergizi.

Demikian 10 Tips terkait Peran Bapak dalam memberikan dukungan kepada Ibu selama menyusui. Semoga dapat menjadi jawaban atas kebingungan bapak mengenai hal yang bisa dilakukan untuk mendukung ibu selama menyusui, dan bermanfaat untuk kita semua.

Subscribe to receive free email updates: