11 Fakta Unik Seputar Menyusui dengan ASI

Menyusui dengan Air Susu Ibu (ASI) adalah momen terbaik dan peran terbaik Ibu dalam perkembangan bayi, dan bahkan terus membawa pengaruh positif sampai bayi dewasa dan tua. ASI membawa banyak manfaat alami yang dibutuhkan bayi untuk perkembangan terbaik dan memperkuat ikatan emosional bayi dengan ibu. Menyusui adalah cara yang alami dan normal untuk memberikan nutrisi pada bayi dan batita karena ASI dibuat khusus untuk bayi manusia. Setiap masyarakat memiliki bermacam mitos tersendiri tentang ASI dan menyusui, dan begitupun di Indonesia. Namun tak banyak yang mengetahui fakta unik seputar ibu menyusui dengan ASI. Berikut ini adalah beberapa fakta unik tentang menyusui yang mungkin ibu perlu tahu.
11 Fakta Unik Seputar Menyusui dengan ASI

  1. Ibu menyusui tidak memerlukan olahraga untuk menurunkan berat badan? Jumlah energi metabolik untuk menyusui bayi setiap hari setara dengan jumlah energi yang digunakan untuk berjalan sejauh 11 Kilometer.
  2. Meskipun terkadang tidak mudah, bayi yang baru lahir yang dipeluk oleh Ibu dengan kulit yang langsung bersentuhan antar keduanya memicu insting bayi untuk mencari payudara dan kemudian menyusu.
  3. ASI banyak dijual di internet, terutama di Amerika Serikat.
  4. ASI memiliki aroma khas. Bayi dapat mengetahui siapa ibunya diantara ibu yang lain hanya dengan bau.
  5. Semprotan ASI dari puting memiliki jumlah lubang bervariasi, banyak bukan hanya satu
  6. Jumlah ASI yang dihasilkan payudara ibu tidak ada hubungannya dengan ukuran payudara.
  7. Mayoritas perempuan yang memiliki payudara implan (tambahan silikon) masih bisa menyusui.
  8. Menyusui bayi memicu pelepasan hormon oksitosin, yang membuat Ibu dan bayi lebih tenang.
  9. Sedikit ibu yang bisa bertahan menyusui dengan ASI secara ekslusif, karena itu bertahan dan berusahalah selama mungkin untuk menyusui dnegan ASI.
  10. Beberapa ibu senang dengan pembesaran ukuran payudara ketika menyusui. Ambil kamera dan buatlah selfie.
  11. Setelah menyusui payudara akan menyusut kembali dan bahkan bisa lebih kecil daripada sebelum memiliki bayi.



Itulah 11 fakta unik menyusui yang HamilBayi.Com kutip dari The Bump. Untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi yang optimal, erus berikan ASI eksklusif sampai dengan usia bayi 6 bulan, dan berikan sebagai pendamping makanan hingga usia bayi 2 tahun. Semoga menambah pengetahuan kita semua dan kesehatan bayi terjaga serta kecerdasannya meningkat.

Subscribe to receive free email updates: