Hal Penting seputar Vitamin A

Vitamin A (disebut juga retinol) sangat berguna untuk menjaga kesehatan. Banyak dari kita hanya mengetahui bahwa vitamin A berguna untuk kesehatan penglihatan. Padahal lebih dari itu, vitamin A juga berguna untuk pertumbuhan anak; menjaga pertumbuhan sel dan jaringan tubuh (rambut, kuku, dan kulit), menjaga pertumbuhan tulang, serta mendorong fungsi imunitas untuk melindungi tubuh dari infeksi.
Hal Penting seputar Vitamin A
Sementara kekurangan vitamin A dapat mengakibatkan terjadinya gangguan penglihatan (seperti rabun ayam, xeroftalmia , xerosis konjungtiva, xerosis kornea, keratomalasia, xeroftalmia scars, dan bahkan kebutaan permanen). Selain itu kekurangan vitamin A juga dapat menurunkan fungsi kekebalan tubuh sehingga menjadi rentan terhadap infeksi seperti infeksi saluran pernafasan atas, campak dan diare. Jika kekurangan vitamin A terjadi pada ibu hamil, maka resiko kebutaan pada bayi akan meningkat.

Vitamin A pada Makanan & Minuman

Tubuh manusia tidak memproduksi vitamin A secara alami. Vitamin A didapatkan baik dari makanan, minuman, ataupun suplemen seperti kapsul atau tetes vitamin A. Makanan dan minuman yang mengandung vitamin A ataupun karatenoid (provitamin A, yang berubah menjadi vitamin A setelah dikonsumsi) adalah sebagai berikut:
  1. Air Susu Ibu (ASI)
  2. minyak ikan
  3. hati
  4. kuning telur
  5. mentega.
  6. sayur-sayuran berwarna seperti bayam, wortel, daun singkong, ubi jalar, blewah, aprikot, paprika merah, brokoli, kacang polong, tomat, paprika hijau
  7. buah seperti pepaya matang, mangga.
  8. oatmeal instant (yang mengandung vitamin A)
  9. susu (yang mengandung vitamin A)
  10. keju cheddar
  11. minyak kelapa

Suplemen Kapsul vitamin A


Meskipun vitamin A banyak terdapat di dalam makanan sebagaimana yang disebutkan, masih banayk anak yang belum tercukupi kebutuhan vitamin A -nya. Menurut berbagai sumber, setengah dari jumlah anak di Indonesia tidak mendapatkan cukup vitamin A dari makanan yang dikonsumsinya.

Karena pentingnya vitamin A dalam menjaga perkembangan dan pertumbuhan anak, maka kebutuhan tersebut haruslah terpenuhi. Biasanya setiap bulan Februari dan Agustus di Posyandu terdapat pemberian suplemen kapsul vitamin A gratis untuk bayi dibawah lima tahun (balita) dan ibu pascamelahirkan (masa nifas) sebagai berikut.
  1. Untuk anak umur 6-11 bulan akan diberikan kapsul Vitamin A berwarna biru (dosis 100.000 IU) sebanyak 1 kali dalam setahun
  2. Untuk anak umur 1- 5 Tahun akan diberikan kapsul Vitamin A berwarna Merah (dosis 200.000 IU) sebanyak 2 kali dalam setahun
  3. Biasanya, Vitamin A kapsul merah juga diberikan kepada ibu yang baru melahirkan (dalam masa nifas).

Kekurangan vitamin A terjadi bukan hanya karena kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A ataupun kurangnya konsumsi suplemen vitamin A. Namun bisa juga disebabkan oleh gangguan penyerapan tubuh terhadap vitamin A seperti penyakit pankreas dan diare kronik, atau gangguan fungsi kelenjar tiroid yang membuat tubuh tidak mampu merubah provitamin A menjadi vitamin A, dan terakhir mungkin juga karena kerusakan hati.



Selain itu, yang perlu juga diperhatikan adalah bahwa konsumsi vitamin A juga tidak boleh berlebih. Ini dikarenakan vitamin A secara alami tidak dapat dibuang kembali setelah masuk ke dalam tubuh. Ini bisa mengakibatkan penebalan kulit dan gangguan ginjal. Untuk itu konsumsilah suplemen vitamin A secara tepat sesuai dengan anjuran yang diberikan oleh dokter, bidan atau tenaga kesehatan.
Baca juga: Vitamin Prenatal: Cara Agar Cepat Hamil dan Hamil Sehat

Demikian artikel berjudul Hal Penting tentang Vitamin A yang Wajib Diketahui yang membahas tentang pentingnya kecukupan vitamin A bagi anak-anak, balita, ibu hamil, maupun orang dewasa. Semoga bisa menambah pengetahuan bagi kita semnua dalam menjaga kesehatan tubuh dari serangan penyakit dan menurunnya kemampuan penglihatan khususnya.

Subscribe to receive free email updates: