Hamil Sehat Bayi Sehat Cerdas

Hamil Sehat, bugar, bahagia dan tetap cantik tentu kondisi menyenangkan yang diidamkan semua orang. Untungnya, masa kehamilan merupakan saat yang tepat bagi ibu hamil untuk mulai merawat dengan baik diri sendiri baik secara fisik dan emosional. Artikel yang hamilbayi.com sadur dari BabyCentre ini akan mengulas beberapa tips sehat ibu hamil terbaik dengan cara yang sederhana. Yang diharapkan dapat membantu sahabat hamilbayi.com dalam menjaga kondisi kesehatan kehamilan, sehingga kehamilan bebas dari masalah dan bayi sehat (hamil sehat bayi sehat).

1. Kunjungi dokter atau bidan sesegera mungkin

Hamil Sehat Bayi Sehat Cerdas
Segera setelah sahabat mengetahui kehamilan, secepatnya kunjungi dokter atau bidan untuk mengatur perawatan antenatal. Mengatur perawatan sejak awal berarti sahabat akan mendapatkan nasihat yang baik untuk kehamilan yang sehat sejak awal, terlebih jika hamil berlangsung di usia ibu 40 tahun. Sahabat juga akan memiliki banyak waktu untuk mengatur jadwal scan ultrasound dan tes yang mungkin diperlukan.

2. Memilih makanan ibu hamil yang sehat dengan baik

Ketika memilih makanan, Ibu hamil harus mempertimbangkan diet seimbang yang sehat kapanpun dan sebisa mungkin. Cobalah untuk mengkonsumsi:
  • Setidaknya lima porsi buah dan sayuran setiap hari.
  • Banyak karbohidrat, seperti roti, pasta dan nasi, sebagai dasar makanan Anda. Pilih karbohidrat gandum bukan berwarna putih, sehingga mendapatkan lebih banyak serat.
  • Porsi harian seimbang yang mengandung protein, seperti ikan, tanpa lemak daging, telur, kacang-kacangan, dan susu ataupun produk susu.
  • Dua porsi ikan dalam seminggu, setidaknya salah satunya harus berminyak. Ikan dikemas dengan protein, vitamin D, mineral dan asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 yang penting bagi perkembangan sistem saraf bayi.

Ibu Hamil tidak perlu makan untuk dua orang di masa kehamilan. Ibu hamil tidakmemerlukan ekstra kalori untuk enam bulan pertama kehamilan. Sementara trimester ketiga (tiga bulan terakhir), barulah ibu hamil akan membutuhkan sekitar 200 kalori ekstra perhari. Ibu hamil juga dapat menjaga tingkat energi dengan cemilan sehat.

Baca juga Nutrisi Kehamilan: 11 Pantangan Makanan Minuman Ibu Hamil

3. Konsumsi suplemen

Suplemen vitamin kehamilan bukanlah pengganti untuk diet seimbang. Tapi suplemen dapat membantu jika ibu hamil memiliki kekhawatiran bahwa makanan yang dikonsumsi tidaklah cukup sehat dan baik, atau ketika kondisi ibu hamil sedang sakit untuk makan lebih banyak. Suplemen yang dikonsumsi sebaiknya mengandung 400 mikrogram (mcg) asam folat yang diperlukan ibu hamil dan bayi dalam kandungan pada tiga bulan pertama kehamilan. Konsumsi asam folat akan mengurangi risiko bayi terkena neural tube defect seperti spina bifida. Selain itu, suplemen sebaiknya juga mengandung 10mcg dari vitamin D. Vitamin D penting bagi kesehatan tulang bayi di masa depan.

Konsultasikan dengan bidan, dokter atau apoteker sebelum mengambil suplemen antenatal. Jika sahabat tidak mengkonsumsi multivitamin khusus wanita hamil, sahabat dapat membeli asam folat dan suplemen vitamin D secara terpisah. Jika sahabat termasuk masyarakat berpenghasilan rendah, jangan khawatir. Karena biasanya di puskesmas maupun posyandu dan pos pelayanan kesehatan lainnya menyediakan suplemen vitamin kehamilan gratis, meskipun tidak semua vitamin yang dibutuhkan tersedia. Baca selengkapnya mengenai Vitamin Prenatal: Cara Agar Hamil Sehat

Jika sahabat tidak makan ikan, suplemen minyak ikan dapat membantu. Pilih suplemen yang terbuat dari tubuh ikan, bukan hati ikan. Karena minyak hati ikan (seperti minyak ikan cod) mungkin berisi bentuk retinol vitamin A, yang tidak dianjurkan pada kehamilan.

5. Selalu perhatikan kebersihan makanan

Beberapa makanan yang aman ketika tidak hamil menjadi tidak baik untuk dikonsumsi selama kehamilan. Ini karena makanan tersebut bisa membawa risiko kesehatan bagi bayi. Listeriosis adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri listeria. Meskipun langka dan biasanya tidak menimbulkan ancaman bagi kesehatan, listeriosis dapat menyebabkan kehamilan atau kelahiran komplikasi. Listeriosis bahkan dapat menyebabkan keguguran. Makanan berikut mungkin tempat berlabuhnya bakteri listeria dan sebaiknya dihindari:
  • susu yang tidak dipasteurisasi
  • Daging siap saji yang tidak dimasak
  • Keju brie, roquefort, dan lainnya

Bakteri listeria dapat mati karena panas, pastikan makanan dimasak sampai betul-betul matang secara menyeluruh. Sementara Salmonella dapat menyebabkan keracunan makanan, yang dapat ditularkan melalui unggas matang. Begitupula hindari telur setengah matang selama kehamilan.

Pastikan juga sahabat mencuci peralatan, baju dan tangan setelah memegang unggas mati ataupun hidup. Kebersihan makanan terutama sangat penting selama hamil, karena virus Toksoplasmosis adalah infeksi yang disebabkan oleh parasit. Ini juga jarang terjadi, tetapi dapat mempengaruhi bayi yang belum lahir. Anda dapat mengurangi risiko Anda menangkap dengan:
  • memasak daging dan makanan siap saji sampai benar-benar matang secara menyeluruh
  • mencuci buah dan sayuran dengan baik untuk menghilangkan tanah atau kotoran
  • mengenakan sarung tangan saat menangani kotoran kucing dan tanah kebun
Baca juga artikel Bahaya Bakteri Listeria Monocytogenes – Listeriosis dan Meningitis

5. Berolahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur akan mendatangkan banyak manfaat bagi calon ibu karena dapat:
  1. Membangun kekuatan dan daya tahan, yang berguna bagi ibu hamil untuk mengatasi dengan lebih baik berat badan ekstra selama kehamilan dan kerja keras saat persalinan / melahirkan nantinya.
  2. Memudahkan ibu untuk mengembalikan bentuk tubuh setelah bayi lahir.
  3. Meningkatkan semangat dan membantu menangkal depresi.
Namun begitu, tidak semua olahraga baik untuk kesehatan ibu hamil. Beberapa pilihan olahraga yang baik untuk kehamilan adalah seperti
  • jalan cepat
  • renang
  • kelas aquanatal
  • yoga
  • pilates
Ibu hamil dapat terus berolahraga selama masih terasa nyaman. Jika olahraga tertentu berisiko jatuh atau mengalami benturan, atau menekan sendi terlalu berat, jalan yang terbaik adalah berhenti melakukannya. Konsultasikan dengan bidan atau dokter jika kurang atau tidak yakin untuk melakukan olahraga tertentu.

6. Mulai latihan dasar panggul

Otot-otot di dasar panggul ini menyokong kandung kemih, vagina dan bagian belakang. Otot-otot tersebut dapat terasa lebih lemah dari biasanya sebelum kehamilan karena adanya tekanan ekstra pada otot-otot tersebut. Hormon-hormon kehamilan juga dapat menyebabkan panggul sedikit kendur. Otot dasar panggul yang lemah dapat meningkatkan risiko stres inkontinensia. Yaitu kondisi dimana ketika sedikit kecil urin keluar ketika bersin, tertawa atau berolahraga. Memperkuat otot-otot dengan melakukan latihan dasar panggul secara teratur selama kehamilan dapat membantu. Memiliki dasar panggul yang kuat dan kencang dapat membantu kelahiran bayi berjalan lebih lancar juga. Ibu hamil akan merasakan manfaatnya jika melakukan latihan dasar panggul rutin tiga kali sehari.

7. Kurangi atau berhenti minum alkohol

Tidak ada yang tahu pasti berapa banyak alkohol yang aman untuk diminum saat Anda sedang hamil, begitupula seberapa cepat mencapai bayi melalui aliran darah dan plasenta. Itu sebabnya banyak ahli menyarankan ibu hamil untuk menghentikan konsumsi alkohol sepenuhnya selama kehamilan, atau setidaknya untuk tiga bulan pertama.

Jika ibu hamil memutuskan untuk tetap minum, pastikan tidak lebih dari satu atau takar alkohol dan tidak lebih dari sekali atau dua kali seminggu , dan tidak pernah mabuk. Minum berat atau pesta minuman keras selama kehamilan sangat berbahaya bagi bayi. Calon ibu yang minum banyak alkohol secara teratur lebih mungkin untuk melahirkan bayi dengan gangguan spektrum alkohol janin (FASD), yang merupakan awal dari kemungkinan cacat lahir yang lebih serius.

8. Kurangi kafein

Kopi, teh, soda dan minuman energi adalah stimulan ringan. Ada kekhawatiran bahwa terlalu banyak kafein dapat meningkatkan risiko keguguran. Ini juga berpikir mungkin bahwa terlalu banyak kafein dapat menyebabkan risiko berat badan bayi lahir rendah. Para ahli menyarankan bahwa hingga 200mg kafein (dua cangkir kopi instan) sehari tidak akan berpengaruh terlalu buruk bagi bayi. Seperti alkohol, ibu hamil sebaiknya memilih untuk tidak mengkonsumsi kafein sama sekali, terutama pada trimester pertama. Buah dan jus buah adalah alternatif yang aman sebagai pengganti teh atau kopi.

Bacaan lebih lanjut : Efek Kafein terhadap Kesehatan Kehamilan dan Menyusui

9. Berhenti merokok

Merokok selama kehamilan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius bagi ibu hamil dan janin dalam kandungan, termasuk peningkatan risiko:
  • keguguran
  • kelahiran prematur
  • berat badan lahir rendah
  • kematian sesaat setelah lahir (SIDS)

Merokok bahkan dapat berhubungan dengan kematian bayi saat lahir. Merokok juga meningkatkan komplikasi kehamilan berikut:
  • Mual dan muntah (morning sickness).
  • Kehamilan ektopik.
  • Solusio plasenta, di mana plasenta terpisah dari dinding rahim sebelum bayi lahir.

Jika ibu merokok, jalan terbaik adalah segera berhenti untuk kesehatan diri sendiri dan bayi dalam kandungan. Semakin cepat berhenti merokok, lebih baik, tapi itu tidak pernah terlambat. Bahkan berhenti dalam beberapa minggu terakhir kehamilan dapat berdampak positif bagi ibu hamil dan janin dalam kandungan. Konsultasikan dengan dokter jika ibu hamil mengalami kesulitan untuk berhenti merokok. Baca juga artikel Bolehkah Ibu Merokok Menyusui ASI dan Cara Cepat Berhenti Merokok.

10. Beristirahatlah

Rasa lelah ibu hamil dalam beberapa bulan pertama adalah karena tingginya kadar hormon kehamilan yang beredar dalam tubuh. Kemudian, itu cara tubuh untuk memberitahu ibu hamil untuk memperlambat gerakan. Jika tidak dapat tidur di malam hari, cobalah untuk tidur siang cepat di tengah hari untuk “mengejar ketinggalan”. Jika itu tidak mungkin, setidaknya bersandar dan letakkan kaki dan coba untuk bersantai selama 30 menit. Jika sakit punggung mengganggu tidur, cobalah berbaring ke kiri dengan lutut ditekuk. Menempatkan bantal dibawah perut dapat membantu meringankan ketegangan pada punggung. Olahraga juga dapat mengurangi sakit punggung. Ini dapat membantu dengan masalah tidur, terlalu, selama ibu hamil tidak berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur. Untuk membantu tidur, cobalah teknik relaksasi, yang aman pada kehamilan, seperti:
  • yoga
  • peregangan
  • pernapasan dalam
  • visualisasi
  • pijat
Beritahu instruktur / pelatih olahraga bahwa Ibu sedang hamil atau, idealnya, memilih kelas yang disesuaikan dengan wanita hamil.

Baca juga artikel berikut:
Ini yang Wajib Dilakukan Ibu selama Hamil
Pantangan Ibu Hamil Muda dan Hamil Tua
Kesehatan Ibu Hamil: Yang Perlu Diwaspadai dari Hewan
18 Pantangan Aktivitas Keseharian yang Wajib dihindari Ibu Hamil

Demikian beberapa tips sehat ibu hamil terbaik dengan cara yang sederhana yang dapat HamilBayi.Com sampaikan. Semoga dapat membantu sahabat untuk menjaga kondisi kesehatan kehamilan, sehingga kehamilan bebas dari masalah dan bayi sehat (hamil sehat bayi sehat).

Subscribe to receive free email updates: