Kelebihan dan Kekurangan KB Pil

Tulisan ini akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan beserta efek samping metode KB dengan Pil KB. Keluarga Berencana (KB) adalah cara bagi pria dan wanita untuk mengontrol kehamilan. Ada banyak berbeda metode, termasuk kontrasepsi hormonal seperti pil. KB Hormonal adalah jenis KB yang mengandung hormon sehingga merubah struktur hormon tubuh.

Pil KB yang diminum sesuai dengan anjuran 99,9% efektif untuk mencegah kehamilan. Namun, pil tidak melindungi terhadap penyakit menular seksual, termasuk HIV (virus yang menyebabkan AIDS). Kondom Lateks laki-laki menyediakan perlindungan terbaik dari PMS. Jenis lain dari kontrasepsi hormonal kombinasi estrogen dan hormon progestin.

Terdapat 2 jenis KB hormonal, yaitu yang menggunakan progestin (bahan tiruan dari progesteron) dan kombinasi (menggunakan kombinasi hormon esterogen dan progesteron). Pada KB hormonal progestin terdapat 3 metode, yaitu pil, injeksi / suntik dan implan / susuk KB. Sementara pada KB hormonal kombinasi hanya terdapat 2 metode, yaitu pil dan injeksi / suntik. KB hormonal yang digunakan untuk ibu pasca melahirkan adalah yang hanya menggunakan progestin, karena tidak akan mengganggu air susu ibu (ASI).

Berikut ini adalah Kelebihan dan Kekurangan KB Pil, baik KB Pil yang hanya mengandung Hormon Progestin maupun KB Pil yang mengandung hormon kombinasi.

1. PIL KB dengan Hormon Progestin

Kelebihan PIL KB Progestin

  1. Efektif jika diminum setiap hari  di waktu yang sama (0,05-5  kehamilan / 100 perempuan  dalam 1 tahun pertama)
  2. Tidak diperlukan pemeriksaan  panggul
  3. Tidak mempengaruhi ASI
  4. Tidak mengganggu hubungan  seksual
  5. Kembalinya fertilitas segera jika  pemakaian dihentikan
  6. Mudah digunakan dan nyaman
  7. Efek samping kecil 

Kekurangan PIL KB Progestin

  1. Harus digunakan setiap hari dan  pada waktu yang sama
  2. Bila lupa satu pil saja, kegagalan  menjadi lebih besar
  3. Risiko kehamilan ektopik, tetapi  risiko ini lebih rendah jika  dibandingkan dengan perempuan  yang tidak menggunakan minipil
  4. Efektifitas menjadi rendah bila  digunakan bersamaan dengan obat  tuberkulosis atau obat epilepsi
  5. Tidak mencegah IMS

2. PIL KB dengan Kombinasi esterogen dan progesteron

Kelebihan PIL KB Kombinasi

  1. Efektivitas yang tinggi (1 kehamilan per 100  perempuan dalam tahun pertama penggunaan)
  2. Risiko terhadap kesehatan sangat kecil
  3. Tidak mengganggu hubungan seksual
  4. Mudah dihentikan setiap saat
  5. Kesuburan segera kembali setelah penggunaan pil  dihentikan
  6. Dapat digunakan sebagai kontrasepsi darurat
  7. Dapat digunakan sejak usia remaja hingga menopause
  8. Membantu mencegah kehamilan ektopik, kanker  ovarium, kanker endometrium, kista ovarium, penyakit radang panggul, kelainan jinak pada  payudara, dismenore atau akne

Kekurangan PIL KB Kombinasi

  1. Membosankan karena harus menggunakannya setiap hari
  2. Tidak boleh diberikan kepada perempuan menyusui
  3. Tidak mencegah IMS




Demikian artikel yang membahas mengenai kelebihan dan kekurangan beserta efek samping metode KB dengan Pil KB ini. Semoga menambah pengetahuan mengenai Kelebihan dan Kekurangan KB Pil Hormon Progestin maupun KB Pil kombinasi. Semoga juga dapat membanu anda yang sedang mencari KB yang paing tepat sesuai dengan kondisi sahabat HamilBayi.com. Lebih lanjut baca juga Ini Cara Memilih KB Terbaik untuk mengetahui metode KB lainnya. Untuk konsultasi lebih lanjut anda bisa menanyakannya ke dokter, bidan atau petugas KB anda, atau silakan tulis pada kolom komentar di bawah.

Referensi : Pedoman Pelayanan Keluarga Berencana Pasca Persalinan di Fasilitas Kesehatan (BKKBN dan Kemenkes R.I., 2012)

Subscribe to receive free email updates: