Pantangan Ibu Hamil Muda dan Hamil Tua

Artikel bertajuk Pantangan Ibu selama kehamilan ini akan membahas mengenai hal-hal apa saja yang seharusnya tidak dilakukan atau bisa disebut juga pantangan ibu selama hamil. Pantangan ini bagus dibaca oleh ibu hamil muda trimester pertama (kehamilan sampai 3 bulan), trimester kedua (4 bulan, 5 bulan dan 6 bulan), dan trimester ketiga (7 bulan s./d 9 bulan). Ibu hamil harus senantiasa menjaga kesehatan dirinya karena perkembangan janin di dalam kandungan sangat rentan terhadap pengaruh turunan ataupun pola hidup ibu. Ibu hamil bukan hanya harus memiliki pola hidup sehat, namun juga perlu memperhatikan kebutuhan khusus selama kehamilan agar nantinya bayi lahir normal, sehat, cerdas dan tanpa kekurangan apapun.
Pantangan Ibu Hamil Muda dan Hamil Tua

Anak merupakan harapan bagi orang tua, keluarga , dan bahkan komunitas, dan bangsa. Beragam cara dilakukan untuk menjaga kesehatan bayi, bahkan melalui tradisi yang membudaya di masyarakat yang bertujuan menjaga janin sampai kelahirannya. Untuk itu, pola hidup sehat bukan hanya perlu dilakukan saat usia kehamilan muda dimana resiko keguguran tinggi, namun juga sampai saat bayi dilahirkan.

Ibu hamil tentu menginginkan yang terbaik untuk janin yang dikandungnya. Namun begitu, banyak makanan dan minuman yang dapat berpengaruh buruk pada kesehatan Ibu hamil dan atau bayi dalam kandungan yang mungkin tidak Ibu sadari. Mencari tahu hal-hal yang harus dihindari selama kehamilan adalah salah satu cara menghindari akibat yang tidak diinginkan. Dengan memahami apa saja yang seharusnya dihindari selama kehamilan dapat membantu Ibu menjaga kesehatan Ibu dan bayi dalam kandungan.

Berikut ini adalah beberapa daftar pantangan untuk ibu hamil yang berhubungan dengan aktivitas sehari-hari, konsumsi makanan, hubungan dengan hewan, dan pengobatan yang tidak boleh dilanggar.

1. Pantangan Ibu Hamil dalam aktivitas sehari-hari

Beberapa studi menunjukkan bahwa beberapa aktivitas yang dilakukan ibu hamil yang berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Baca selengkapnya pada artikel yang berjudul 18 Pantangan Aktivitas Keseharian yang Wajib Dihindari Ibu Hamil

2. Pantangan Ibu Hamil Berhubungan dengan Hewan

Beberapa bakteri, ataupun penyakit yang berbahaya yang dapat ditularkan hewan yang berdampak buruk bagi ibu dan janin adalah virus toksoplasma, virus salmonella, virus e coli, dan LCMV (Lymphocytic Choriomengingtis Virus) atau Viral Meningingtis. Selain itu, ada juga penyakit Lyme yang disebabkan oleh kutu. Baca selengkapnya pada artikel Hal-hal yang perlu diwaspadai ibu hamil dari binatang.

3. Pantangan Makanan dan Minuman Ibu selama kehamilan



Ibu yang sedang mengandung memang membutuhkan tambahan kalori, akan tetapi dalam jumlah yang cukup dalam porsi yang tepat. Terdapat beberapa makanan dan minuman yang harus ibu hindari selama kehamilan, seperti; Makanan Mentah, ikan dengan kandungan merkuri, makanan mengandung zat kimia, Junk Food, Suplemen Vitamin (A, D, dan E), lemak, makanan pemicu darah tinggi, minuman bersoda, makanan dan minuman beralkohol, dan jamu, minuman berkafein, buah tanpa dicuci, jus / keju / susu tanpa pasteurisasi, dan lainnya. Baca selengkapnya pada artikel Nutrisi Kehamilan: 11 Pantangan Makanan dan Minuman selama kehamilan

4. Pantangan Pengobatan Ibu Hamil

Konsumsi obat-obatan maupun metode pengobatan ketika hamil berbeda dengan kondisi ketika tidak hamil. Terdapat beberapa obat dan metode pengobatan yang bisa berbahaya bagi ibu hamil dan janin dalam kandungan, yaitu; minum obat tanpa resep dokter; konsumsi obat-obatan terlarang; terpapar radiasi rontgen, X-Rays / sinar X, kemoterapi dan lainnya, dan ; pengobatan alternatif. Baca selengkapnya pada artikel 4 Pantangan Pengobatan Ibu Hamil

Demikian artikel bertajuk pantangan Ibu selama kehamilan yang membahas hal-hal apa saja yang seharusnya tidak dilakukan atau bisa disebut juga pantangan ibu selama hamil ini. Pantangan ini bagus dibaca oleh ibu hamil muda trimester pertama (kehamilan sampai 3 bulan), trimester kedua (4 bulan, 5 bulan dan 6 bulan), dan trimester ketiga (7 bulan s./d 9 bulan). Semoga membantu Ibu hamil untuk senantiasa menjaga kesehatan dirinya demi pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan yang sangat rentan terhadap pengaruh turunan ataupun pola hidup ibu. Semoga dengan melakukan pola hidup sehat dan memperhatikan kebutuhan khusus selama kehamilan berdampak positif dengan bayi lahir normal, sehat, cerdas dan tanpa kekurangan apapun.

Subscribe to receive free email updates: