Peran Suami persiapan Persalinan / Melahirkan

Biasanya bidan atau dokter akan memberi tahu perkiraan tanggal kelahiran saat anda memeriksakan kehamilan. Satu atau dua minggu sebelum tanggal kelahiran tersebut sebaiknya baik ibu / istri, bapak / suami dan juga anggota keluarga lainnya telah mempersiapkan segala sesuatu kebutuhan persalinan. Peran suami saat melahirkan snagat penting. Tentunya ibu hamil akan lebih bahagia dan mungkin saja persalinan dapat lebih lancar jika saat ibu melahirkan anak ditemani suami dan keluarga. Dan mungkin saja persalinan bisa lebih sulit jika ibu melahirkan anak tanpa ditemani suami dan keluarga. Berikut ini adalah hal-hal yang juga bisa dilakukan suami / mitra lahir di beberapa minggu terakhir dalam persiapan kelahiran bayi, seperti:
  1. Menyimpan daftar nomor telepon yang diperlukan termasuk bidan dan klinik bersalin serta rumah sakit.
  2. Menyiapkan kendaraan untuk persalinan, termasuk rute tersingkat dan tercepat ke rumah sakit, atau menyiapkan nomor telepon perusahaan taksi/ supir taksi/ mobil sewaan.
  3. Mencaritahu apakah klinik / rumah sakit tersebut menerima asuransi yang dimiliki dan bagaimana prosedur mengenai hal itu.

  4. Mencaritahu apakah klinik / rumah sakit tersebut menerima debit dengan kartu atm atau kartu kredit, dan jika tidak persiapkan uang cash untuk biaya persalinan.
  5. Pastikan baterai telepon dan mungkin juga kamera diisi atau memiliki powerbank dan baterai cadangan agar dapat menghubungi/dihubungi kerabat dan juga untuk merekam video istri melahirkan.
  6. Memberikan bantuan dukungan saat persalinan: dukungan emosi, menyapu keringat, mengompres ibu dengan air hangat / dingin, membantu mencari posisi yang tepat, berkomunikasi dengan perawat / bidan / dokter, memegang bayi nantinya setelah kelahiran, dan bahkan sekedar pelukan atau genggaman tangan yang membuat ibu nyaman.
  7. Yang paling penting, mitra lahir harus mencoba dan bersabar, tenang dan mendukung. Selalu dengarkan ibu hamil karena dia adalah orang yang tahu yang terbaik apa yang dia butuhkan.



Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan mitra bersalin / suami dalam persiapan melahirkan ataupun saat persalinan. Semoga bisa membantu suami yang sedang bingung tentang apa yang bisa dilakukannya dalam proses persalinan yang panjang dan melelahkan bagi ibu.

Subscribe to receive free email updates: