Perkembangan Bayi Usia 2 sampai 3 Bulan

Setelah membahas perkembangan bayi 1 bulan, saat ini akan dibahas tentang perkembangan bayi 2 bulan sampai dengan 3 bulan. Didalamnya akan dibahas mengenai tahapan perkembangan bayi tiap bulan hingga umur 3 bulan yang meliputi Perkembangan Gerakan, Penglihatan dan Pendengaran, dan Penciuman dan Peraba. Juga ditutup dengan tanda-tanda keterlambatan perkembangan bayi 2 sampai 3 bulan dan peran orang tua untuk memicu perkembangan bayi 2 sampai 3 bulan yang optimal.

Perkembangan Bayi Usia 2 sampai 3 Bulan

1. Perkembangan Bayi 2 Bulan

Dua bulan pertama sejak kelahirannya, penglihatan bayi mulai dapat fokus pada hal-hal tertentu lebih jauh dari sebelumnya, yaitu sekitar 8 sampai 12 inci. Ditambah dengan perkembangan kemampuan jemari dan tangannya, ia mungkin akan mencoba memegang sesuatu di sekitarnya, dan kemudian memasukkannya ke mulut untuk mengetahui rasanya. Matanya juga sudah mulai dapat membedakan antara terang dan gelap, ia akan menengok ataupun memejamkan mata jika sesuatu yang terang bersinar di depannya. Selain gemar memasukkan barang, ketika merasa lapar bayi biasanya juga akan memasukkan beberapa jarinya ke mulut dan menghisapnya.

Pergerakan kepala semakin bervariatif, begitu juga pergerakan tubuh yang semakin kuat dan dapat bertahan lama. Namun begitu, tubuh bayi belum betul-betul kuat sehingga orang tua atau pengasuh harus tetap menyangga tubuh dan kepala bayi ketika menggendongnya. Bayi usia 2 bulan juga mulai mencoba beberapa variasi mimik wajah dengan menggerakkan mulut, dahi, dan bagian lainnya.

Orang tua dapat menstimulasi bayi umur 2 bulan ini dengan mainan yang digantung agar bayi mencoba meraihnya dan senantiasa menggerakkan anggota tubuhnya. Aktivitas ini secara perlahan akan terus menguatkan otot-otot tubuh bayi. Selain itu, orang tua juga sudah harus mulai memperhatikan benda-benda di sekitar bayi agar ia tidak meraih dan memasukkan benda-benda yang tidak seharusnya ke mulutnya.

2. Tahap perkembangan Bayi 3 Bulan

Pada saat anak bayi memasuki usia tiga bulan, ia memasuki transformasi tahap perkembangan yang dramatis dari bayi yang baru lahir yang sepenuhnya aktif dan responsif. Dia akan kehilangan banyak refleks sebagaimana ketika baru lahir, dan ia mulai bisa melakukan kontrol yang lebih baik terhadap tubuhnya. Berikut adalah beberapa tajap perkembangan bayi umur 3 bulan.

Tahap perkembangan Gerakan Bayi 3 Bulan



Beranjak ke 3 bulan sejak kelahiran koordinasi tangan dengan mata bayi semakin baik, bayi akan lebih memahami cara menggerakkan kedua tangannya dan menggenggam atau membuka tangannya. Ia juga akan belajar menahan kepala dan dada untuk tetap tegak ketika digendong di perut, atau menahan dada dengan tangannya dalam posisi tengkurap. Ketika dia tengkurap, ia dapat mengangkat kepalanya dan dada, dan bahkan melakukan mendorong tangan dan berusaha untuk berguling. Ia juga mulai membuat gerakan memutar kepala ataupun tubuhnya ke kiri ke kanan.

Dan sebagaimana perkembangan bayi 2 bulan, ia akan mengarahkan tangan ke mulut ketika ia merasa lapar ataupun resah akan sesuatu, menggerakkan tangan untuk mencapai benda atau mainan yang digantung, menggoyang ataupun memukul benda tersebut, menggetarkan tangan ataupun memain-mainkan tangan.

Bayi umur 3 bulan juga mulai tidak betah untuk selalu dalam posisi tidur telentang, ia akan mulai mencari posisi terbaik yang membuatnya nyaman dengan posisi duduk, berdiri, dan tengkurap dalam pelukan hangat orang tua. Ini dikarenakan ia memiliki keingintahuan dan ketertarikan dengan sudut pandang yang berbeda dalam melihat sesuatu. Dengan posisi itu bayi mempelajari cara menggerakan anggota tubuh secara berbeda, seperti misalnya membentang kaki dan menendang ketika berbaring di perut atau punggung, dan itu menarik untuknya. Ia juga akan mendorong ke bawah dengan kakinya ketika dalam posisi berdiri.

Namun begitu, orang tua harus tetap memperhatikan bahwa tubuh bayi belum sepenuhnya kuat, sehingga ia harus senantiasa ditopang pada bagian punggungnya. Jangan menahan bayi pada bagian lainnya karena akan membuatnya merasa sakit dan tidak nyaman.

Tahap perkembangan Penglihatan dan pendengaran Bayi 3 Bulan

Penglihatan dan pendengaran bayi usia 3 bulan yang semakin jelas membuatnya mulai mengenali tampilan dan suara orang-orang terdekatnya (terutama ibu) ataupun benda-benda disekitarnya. Bayi bahkan mampu melihat Ibu dari ruangan yang berbeda. Ia akan memandang sesuatu dengan seksama, mata ataupun kepalanya akan mengikuti benda bergerak yang terlihat olehnya, ataupun pada sumber suara yang menarik perhatiannya.

Ia mendengarkan suara orang-orang, televisi, ataupun lagu-lagu, dan tersenyum atau mengeluarkan ekspresi lain jika menyukai ataupun tidak menyukai suara itu. Dan biasanya bayi akan selalu senang jika mendengar suara ibunya. Selain itu, bayi juga mulai menggunakan tangan dan mata untuk mengungkapkan sesuatu. Bahkan ia akan mulai “mengoceh” dan meniru suara yang dikenali.

Tahap Perkembangan Sosial dan Emosional Bayi 3 Bulan

Bayi usia 3 bulan mulai memahami apa yang orang-orang lakukan terhadapnya. Ia merasa aman ketika orang tua memegang dan tersenyum padanya. Terkadang ia terkejut dan ketakutan ketika orang tua memberikan ekspresi yang berlebihan kepadanya, sehingga ia membutuhkan orang tua untuk menenangkannya kembali.Ia juga belajar untuk menghibur diri sendiri dengan menghisap jari atau tangan ketika ia merasa tidak ada yang memperhatikannya.

Bayi juga mulai mengembangkan senyum sosial, yaitu senyum yang ditujukan untuk membuat orang-orang senang, terutama ibu. Ia juga mulai menikmati saat-saat aktif bermain dengan orang lain dan mungkin menangis saat bermain berhenti. Bayi juga lebih komunikatif dengan ekspresi wajah dan tubuh, dan sangat menyenangkan ketika ia meniru gerakan dan ekspresi wajah orang-orang disekitarnya.

Peran Orang Tua dalam Perkembangan Bayi 3 Bulan

Jangan khawatir untuk memanjakan bayi, segera tanggapi dan bantu bayi ketika ia membutuhkan, sehingga ia selalu merasa aman dan dicintai. Ibu dan bapak dapat membantu bayi belajar untuk menenangkan dirinya.

Terus rangsang bayi untuk beraktifitas dalam rutinitas sehari-hari sehingga ia dapat melatih keterampilan baru dan memperkuat otot-ototnya. Berikan mainan dan benda-benda yang aman yang bisa diraih, dipegang, dan dieksplorasi olehnya.

Berikan lebih banyak perhatian yang penuh kasih pada bayi. Ajak ia berbicara sepanjang hari, katakan padanya tentang apa yang Anda lakukan dan kenalkan benda-benda. Bacakan ia buku cerita secara bersama-sama. Peluk dengan hangat, memainkan permainan, dan dorong ia untuk berguling, mengambil mainan, dan berbicara / “mengoceh".

Kesehatan Bayi 3 Bulan yang Harus diawasi

Meskipun masing-masing bayi berkembang dengan cara yang berbeda satu sama lain, kegagalan untuk mencapai tahap perkembangan tertentu mungkin menandakan masalah medis atau perkembangan yang memerlukan perhatian khusus. Konsultasikan dokter, bidan atau tenaga kesehatan lainnya jika terlihat tanda-tanda berikut pada bayi usia 3 bulan.
  1. Tidak bereaksi terhadap suara keras
  2. Tidak mampu menggerakkan tangannya secara terarah saat berusia dua bulan
  3. Tidak tersenyum saat mendengar suara ibu saat berusia dua bulan
  4. Tidak mengikuti obyek yang bergerak dengan matanya saat berusia dua sampai tiga bulan
  5. Tidak tertarik untuk memegang benda saat berusia tiga bulan
  6. Tidak tersenyum pada orang saat berusia tiga bulan
  7. Tidak dapat menopang kepalanya dengan baik saat berusia tiga bulan
  8. Tidak meraih dan menangkap benda saat berusia tiga sampai empat bulan
  9. Tidak “mengoceh” saat berusia tiga sampai empat bulan
  10. Tidak mengarahkan benda-benda ke mulutnya saat berusia empat bulan
  11. Mengoceh, tetapi tidak mencoba untuk meniru suara Ibu saat berusia empat bulan
  12. Tidak menendang ke bawah dengan kakinya ketika kakinya menyentuh permukaan saat berusia empat bulan
  13. Satu atau kedua matanya terlihat kesulitan untuk bergerak ke segala arah
  14. Mata yang selalu mengawang-awang (seperti melamun)
  15. Mengabaikan wajah-wajah baru, atau tampaknya sangat ketakutan atau marah oleh wajah-wajah atau lingkungan baru
  16. Masih memiliki refleks berlebihan pada saat berusia 4-5 bulan

Sampai disini artikel Tahapan Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan yang membahas mengenai tahapan perkembangan bayi hingga umur 3 bulan yang meliputi Perkembangan Gerakan, Penglihatan, Pendengaran, Penciuman, dan Peraba, yang dilengkapi dengan tanda-tanda keterlambatan perkembangan bayi 3 bulan dan peran orang tua dalam perkembangannya. Semoga dapat menambah pengetahuan kita semua dan membuat perkembangan bayi selama 3 bulan sejak kelahirannya dapat lebih optimal.

Sumber
Steven P. Shelov & Tanya Remer Altmann, Caring for Your Baby and Young Child, 5th edition, American Academy of Pediatrics, 2009 Via Healthy Children
Bringing Up Baby: Three Steps to Making Good Decisions in Your Child's First Years. Claire Lerner and Amy Laura Dombro, 2005 via Zero to Three
Baby milestones: 1 to 6 months, Baby Centre

Subscribe to receive free email updates: