Perkembangan Bayi Usia 4 sampai 6 Bulan

Perkembangan bayi ditahun pertama kelahiran sangatlah cepat. Artikel Perkembangan Bayi Usia 4-6 Bulan ini akan membahas pertumbuhan dan perkembangan (tumbuh kembang) bayi pada usia 4 bulan, 5 bulan dan 6 bulan. Informasi ini tentunya akan sangat berguna untuk sahabat Hamilbayi.Com. karena dengan mengetahui dan memahami tahapan perkembangan anak, sahabat akan mengetahui bagaimana memicu perkembangan anak dan dapat lebih cepat mengambil tindakan ketika terjadi keterlambatan perkembangan pada bayi.
Perkembangan Bayi Usia 4 5 6 Bulan

Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan

Jika orang tua memerhatikan bayi dengan seksama, pada usia 4 bulan ia sudah dapat menunjukkan ekspresi rasa ketidaksukaan ataupun kesukaannya terhadap sesuatu, minatnya terhadap sesuatu, bagaimana ia ingin berinteraksi, dan bagaimana ia menghadapi perubahan. Ini dilakukan baik dengan raut wajah, suara, ataupun gerakan.

Ia mempelajari cara orang-orang bertindak dan benda-benda disekitarnya dan bayi berusaha untuk berkomunikasi dengan lingkungannya. Ia akan mencoba mengenali barang-barang disekelilingnya dengan cara memegang, menggoyang, ataupun memasukkannya ke dalam mulut. Sementara itu, ocehan bayi adalah salah satu cara ia mengajak bicara orangtuanya.

Bayi akan menyukai untuk bermain dan mungkin menangis saat bermain berhenti. Uniknya, tangisan bayi juga akan berbeda-beda antara yangisan yang menunjukkan rasa lapar, sakit, atau lelah. Ini juga sebagai bentuk komunikasi untuk memberitahu orang tua kondisinya, apakah ia sedang senang atau sedih.

Ciluk ba masih menjadi permainan favorit dan bayi sangat meyukai permainan menyembunyikan sesuatu. Penglihatannya sudah mulai memandang dunia yang berwarna-warni dan bisa melihat lebih jauh lagi. Jika mainannya diambil, ia akan mengamatinya dengan matanya.



Ia juga dapat menjaga kepalanya tetap stabil ketika tidak disangga oleh orang lain, dan Ia belajar untuk berbuat sesuatu terhadap barang-barang disekitarnya, Seperti misalnya memegang dan mengocok ataupun mengayun-ayun mainan, dan membuat suara ataupun menendang barang-barang. Koordinasi kaki semakin baik, ia akan mengangkat dan menghisap jempol kakinya dan menganggapnya sebagai permainan. Ia juga sudah tersenyum untuk membalas senyuman orang-orang. Kabar baiknya, bayi umur 4 bulan akan memahami antara siang dan malam dengan lebih baik. Waktu tidur siangnya perlahan berkurang dan akan tidur lebih lama di malam hari.

Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan

Di usianya yang kelima, ia dapat menghabiskan ASIP botol ataupun menyusu dengan cepat dan terlihat lahap ketika lapar. Ia juga sensitif dalam memperhatikan segala sesuatu, termasuk dengan mainan kecil yyang akan lebih diperhatikan ketimbang sebelumnya. Ia mulai lebih banyak tertawa riang dan bersuara ketika orangtua mengajaknya bermain. Kemampuan ia untuk duduk juga lebih baik, ia akan mencoba menarik jari Ibu atau Bapak dengan tangannya dan mengangkat kepala untuk berusaha duduk.

Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan

Bayi pada Usia 6 bulan akan mulai dapat membedakan wajah orang-orang. Ia mengenali orang tua, ataupun anggota keluarga lain yang sering bermain dengannya. Ia juga mengetahui wajah-wajah orang asing, dan terkadang menangis jika ia tidak menyukai atau takut dengannya.

Bayi Usia 6 Bulan juga mulai berinteaksi secara sosial. Bayi tak lagi hidup dalam dunianya sendiri, ia akan lebih suka untuk bermain dengan orang lain, terutama orang tua. Ia melambaikan tangan atau merengek ketika ingin digendong, ia tersenyum jika menyukai permainan dengan orang-orang, dan lainnya. Ia juga sudah mulai dapat duduk sendiri tanpa bantuan, berguling di kedua arah (depan ke belakang, kembali ke depan), merangkak mundur dan maju, dan berusaha berdiri dan menopang berat badan pada kaki dan mungkin bangkit dengan memanfaatkan barang-barang disekitarnya.

Bayi juga merespon emosi orang lain dan sering tampak bahagia, ia merespon suara dengan membuat suara, bergumam / mengoceh ("ah," "eh," "oh") dengan bergantian dengan orang tua seakan sedang bercakap-cakap, merespon ketika namanya dipanggil atau disebut, dan terlihat memperhatikan segala yang terjadi disekitarnya. Ia juga sangat menyukai untuk melihat dirinya sendiri di cermin.

Bayi masih memasukkan segala sesuatu ke mulutnya dan juga menunjukkan rasa ingin tahu terhadap sesuatul dan mencoba untuk mengambil barang-barang yang berada di luar jangkauan, serta memindahkan mainan dari satu tangan ke tangan lain.

Demikianlah artikel Perkembangan Bayi Usia 4-6 Bulan yang membahas pertumbuhan dan perkembangan (tumbuh kembang) bayi pada usia 4 bulan, 5 bulan dan 6 bulan. Semoga dengan mengetahui dan memahami tahapan perkembangan anak, sahabat Hamilbayi.Com akan mengetahui bagaimana memicu perkembangan anak dan dapat lebih cepat mengambil tindakan ketika terjadi keterlambatan perkembangan pada bayi.

Subscribe to receive free email updates: