Persiapan Ekstra Menjelang Persalinan / Melahirkan

Bersiaplah memulai kehidupan baru dengan bertambahnya anggota keluarga yang akan membuat hidup anda menyenangkan dan menambah kebahagiaan. Artikel Persiapan Ekstra Menjelang Persalinan ini akan memuat beberapa kebutuhan yang perlu dipersiapkan menjelang kelahiran bayi anda yang dirangkum dari BabyCenter dan sumber lainnya.
Persiapan Ekstra Menjelang Persalinan / Melahirkan

Dukungan keluarga setelah melahirkan

Pada minggu-minggu pertama pasca melahirkan, bantuan tambahan sangat penting untuk ibu dan bayi. Ibu yang mendapatkan bantuan dari pasangan, keluarga, teman, tetangga, atau lainnya akan lebih siap untuk merawat bayi - yang akan lebih baik dibandingkan dengan ibu yang mencoba menjadi superhero yang melakukan semuanya sendirian. Terlebih jika anda sudah memiliki anak sebelumnya dan ia masih kecil, yang tentu akan sangat merepotkan.

Jika Anda cukup beruntung dengan memiliki kerabat yang bisa membantu Anda, segera bicarakan mengenai bantuan tersebut secara spesifik sebelum persalinan dan bayi dilahirkan. Misalnya, nenek mungkin membantu namun tidak bisa mengurus bayi sendiri, mungkin secara bersama-sama dengan perawat ketika ibu harus melakukan sesuatu yang lain. Atau keluarga misalnya, mungkin akan lebih berarti jika mereka membantu diluar hal mengurusi bayi, seperti mencuci pakaian, belanja, memasak, membersihkan rumah, dan pekerjaan rumah tangga lainnya. Anda juga bisa mengatur waktu anak-anak yang lebih tua ikut serta pergi rekreasi ke suatu tempat dengan anggota keluarga lain agar anda bisa mendapatkan lebih banyak istirahat.

Dukungan asisten rumah tangga, perawat, atau penitipan anak

Pertimbangkan juga untuk menyewa asisten rumah tangga atau perawat untuk membantu ibu mengurusi bayi dan pekerjaan lainnya. Persiapkan juga tabungan untuk membayarnya selama beberapa bulan pertama sejak kelahiran jika anda termasuk golongan ekonomi menengah.

Penitipan bayi untuk anak-anak Anda yang lebih tua juga perlu anda pertimbangkan. Carilah informasi mengenai penitipan bayi dan anak-anak sehingga anda dengan mudah menuju kesana ketika membutuhkannya. Kurang istirahat dan tidur berkepanjangan banyak dialami ibu yang baru melahirkan. Ini bisa memicu kecemasan atau depresi bagi beberapa ibu.

Siapkan perlengkapan bayi

Bayi yang baru lahir mungkin memerlukan popok, tisu, beberapa pakaian, dan tempat yang aman untuk tidur. Siapkan juga botol jika Anda akan menyusui dengan botol, susu formula jika Anda berencana akan memberinya susu formula (meski sangat tidak dianjurkan), dan pad bra dan bantal untuk menyusui (meskipun banyak ibu menyusui tidak menggunakannya). Daftar persiapan perlengkapan bayi bervariasi tergantung pada karakteristik dan kebudayaan keluarga.

Diluar itu, jangan pernah merasa tertekan untuk persiapan ini untuk merasa anda sudah siap untuk persalinan. Kesiapan emosional lebih penting dipersiapkan. Persiapkan saja semampu anda dan diskusikan dengan kerabat atau teman dan jangan khawatir tentang perlengkapan yang belum dibeli, biarkan itu menyusul.

Siapkan persediaan makanan dan kebutuhan rumah tangga

Persediaan makanan dan kebutuhan rumah tangga juga harus sudah dimiliki sebelum kelahiran untuk menghindari berbelanja setelah persalinan. Makanan beku, perlengkapan mandi, obat-obatan, kertas toilet, sampo - bahkan pakaian. Persiapan ini nanti akan sangat berguna.

Siapkan anak-anak yang lebih tua

Bayi baru mungkin mengguncang dunia anak-anak Anda yang lebih tua bahkan lebih dari Anda. Untungnya, Anda memiliki beberapa bulan untuk memikirkan ide dan sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk menyiapkan kakak terhadap kehadiran saudara atau saudari baru.

Banyak orang tua menggunakan boneka bayi untuk membantu anak mereka memahami kehadiran bayi. Balita yang lebih tua atau anak-anak prasekolah akan menyukai bermain berpura-pura - dan ketika mereka melihat Anda mengganti popok atau menyusui bayi yang baru nanti.

Beberapa rumah sakit memiliki kelas saudara, di mana anak-anak yang lebih tua bisa belajar tentang bayi - mengapa mereka menangis, bagaimana agar mereka tetap aman, mengapa mereka tidur begitu banyak. Kesemuanya bertujuan agar sang kakak belajar mencintai adiknya dan merasa mereka adalah sama-sama bagian dari keluarga.

Selain itu, sebagaimana telah disebutkan, siapkan juga orang-orang yang akan membantu anda mengasuh sang kakak selama dan sesudah kelahiran nantinya.

Siapkan hewan peliharaan



Hewan juga mendapat manfaat dari khusus persiapan pra-bayi. Pelatih lokal mungkin menawarkan kelas, atau Anda dapat membaca buku, artikel, atau video untuk tips tentang mengajar hewan peliharaan Anda - dan akhirnya bayi Anda - bagaimana menghormati satu sama lain. Anda bisa mulai dengan membaca pendapat ahli mengenai bagaimana membuat hewan peliharaan Anda siap untuk kedatangan bayi baru. Dan mempertimbangkan apakah Anda harus membuat pengaturan dengan pengasuh hewan peliharaan atau anjing walker untuk ketika Anda jauh dari rumah.

Demikian artikel yang berjudul Persiapan Ekstra Menjelang Persalinan yang memuat beberapa kebutuhan yang perlu dipersiapkan menjelang kelahiran bayi anda. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Subscribe to receive free email updates: