Tips Terbaik Mengasuh Anak Berkebutuhan Khusus

Artikel Tips Terbaik Mengasuh Anak Berkebutuhan Khusus ini akan membahas mengenai saran-saran untuk orang tua dalam mengasuh anak yang mengalami disabilitas / keterbatasan atau keluarbiasaan, baik fisik, mental-intelektual, sosial, maupun emosional, yang berpengaruh secara signifikan dalam proses pertumbuhan atau perkembangannya dibandingkan dengan anak-anak lain yang seusia dengannya. Disebut berkebutuhan khusus karena anak-anak ini memerlukan cara asuh tersendiri (khusus) agar nantinya segala sesuatu yang menghambat kemampuan anak untuk berpartisipasi di masyarakat bisa diatasi.
Tips Terbaik Mengasuh Anak Berkebutuhan Khusus

Berikut ini adalah Tips Terbaik Mengasuh Anak Berkebutuhan Khusus yang HamilBayi.Com ambil dari Buku Panduan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus Bagi Pendamping (orang tua, keluarga, dan masyarakat), KPPA RI 2013 dan Buku Kesehatan Ibu dan Anak, Kemenkes RI, 2015

Kesehatan Anak dengan Disabilitas

Anak dengan disabilitas adalah anak yang paling rentan terhadap masalah kesehatan karena:
  1. Anak dengan disabilitas lebih berisiko mendapat kekerasan dari orang tua ataupun lingkungannya akibat dari kelainan / gangguan yang dimilikinya.
  2. Anak dengan disabilitas lebih berpotensi mengalami hambatan dalam pemenuhan gizi.
  3. Ketidakmampuan Anak dengan disabilitas untuk memelihara kebersihan diri secara mandiri (kebersihan tubuh, kebersihan alat reproduksi dll).
  4. Anak dengan disabilitas cenderung berperilaku berisiko yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat.

Tanggung Jawab Orang Tua Anak dengan Disabilitas

Karena itulah orang tua dan keluarga anak dengan disabilitas memiliki tanggung jawab terhadap hal-hal berikut ini.
  1. Melindungi dan memberi rasa aman pada anak dengan memberikan kasih sayang, semangat dan motivasi secara optimal
  2. Menyediakan kebutuhan agar anak sehat, tumbuh dan berkembang secara optimal. Ini termasuk seperti menyediakan makanan bergizi seimbang, memeriksakan kesehatan anak secara teratur, memantau tumbuh kembang anak di Puskesmas dan Rumah Sakit, membawa anak ke fasilitas kesehatan apabila anak sakit atau ada tanda-tanda kelainan penyerta lainnya, dan menyediakan fasilitas pendukung sesuai dengan kebutuhannya seperti; kaca mata, alat bantu, tongkat, sepatu khusus, kursi roda dll.
  3. Melatih kemandirian anak dalam melakukan aktifitas sehari hari.

Meskipun anak adalah tanggung jawab dari orang tua, masyarakat atau lingkungan sosial di sekitar anak dengan disabilitas juga harus membantu perkembangannya. Seperti misalnya menyediakan fasilitas lingkungan yang memperhatikan kebutuhan anak dengan disabilitas dan juga tidak melakukan diskriminasi / pembedaan perlakuan (negatif) terhadap anak dengan disabilitas, dan lainnya.

Tips Terbaik Mengasuh Anak Berkebutuhan Khusus



Mengasuh anak merupakan kemuliaan bagi orang tua. Saat anak dilahirkan, ia tak berdaya tanpa perawatan dan pengasuhan dari orang tua, baik dalam segi kemampuan pribadi untuk beraktifitas maupun kemampua sosial dalam masyarakat. Dengan begitu peran orang tua sangatlah vital dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Baik buruknya perilaku, dan juga mampu tidaknya anak dalam melakukan sesuatu sangat bergantung dari bagaimana pola asuh anak yang digunakan oleh orang tuanya. Itulah kenapa orang tua harus mengasuh anak dengan penuh kasih sayang sesuai kondisi anak itu sendiri.

Memang terkadang memerlukan kerja keras dan banyak tantangan yang dihadapi dalam mengasuh anak berkebutuhan khusus, apalagi orang tua juga berurusan dengan banyak tekanan lainnya di tempat kerja maupun di lingkungannya. Lebih lagi terkadang kondisi masyarakat masih kurang mendukung perkembangan anak dengan kebutuhan khusus. Akan tetapi meskipun terdapat beragam rintangan dan kesulitan, sudah selayaknya orang tua sebisa mungkin memberikan yang terbaik untuk perkembangan dan pertumbuhan anak berkebutuhan khusus.

Dalam mengasuh anak, orang tua harus memperhatikan kemampuan anak, karena setiap anak lahir secara unik dan berbeda. Setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan orang tua selayaknya menjadi yang paling tahu. Dengan memberikan perlakuan khusus yang tepat sejak dini, anak berkebutuhan khusus nantinya dimasa depan dapat mandiri dan tidak mengalami ketergantungan terhadap orang lain selama hidupnya.

Berikut ini beberapa Tips Terbaik Mengasuh Anak Berkebutuhan Khusus
  1. Orang tua yang memiliki anak dengan disabilitas harus dengan lapang dada menerima kondisi disabilitas anak. Bagaimanapun kondisi anak, ia adalah anugerah yang mesti dijaga dan diasuh dengan baik.
  2. Orang tua juga bisa mengikuti kegiatan komunitas orang tua dan organisasi masyarakat sesuai dengan jenis disabilitas anak agar pengetahuan mengenai cara mengasuh anak dengan disabilitas dapat bertambah.
  3. Selain itu, cari tahu mengenai pengalaman orang tua yang berhasil merawat dan mengasuh anak dengan disabilitas sehingga bisa mandiri dan bahkan membawa manfaat kebaikan bagi masyarakat luas. Mengenai perawatan kesehatan anak disabilitas tanyakan lebih lanjut kepada bidan / perawat / dokter di fasilitas pelayanan kesehatan.

Demikian artikel Tips Terbaik Mengasuh Anak Berkebutuhan Khusus yang dapat disampaikan. Semoga dapat membantu orang tua yang memiliki anak dengan disabilitas agar mampu mengasuh anaknya hingga menjadi mandiri dan juga mampu mendatangkan manfaat baik bagi masyarakat secara umum.

Baca Juga:
Sejarah Hari Disabilitas Internasional dan UU Penyandang Disabilitas
Pengertian Disabilitas Terlengkap menurut WHO, PBB, KBBI, dan Lainnya
Jenis dan Klasifikasi Pola Asuh Anak Disabilitas

Subscribe to receive free email updates: