Cara Cepat Hamil yang Tepat Efektif dan Terbukti

Mungkin sahabat HamilBayi.Com benar-benar bersemangat sedang ingin cepat punya anak atau sedang mencari tips rahasia cara cepat hamil yang tepat, efektif dan sudah terbukti. Baik setelah kb, setelah haid, setelah keguguran / kuret, ataupun segera setelah menikah. Agar cepat hamil secara alami dengan kalkulator masa subur guna menghitung masa subur pria / laki laki maupun masa subur wanita sebelum haid / setelahnya dan mengkonsumsi makanan cepat hamil yang mengandung asam folat, dengan posisi berhubungan intim / bercinta yang tepat agar cepat hamil, dengan doa cepat hamil ataupun cara lainnya dengan tepat. Ataupun cepat hamil dengan obat cepat hamil. Baik yang ingin hamil anak perempuan, anak laki laki, maupun anak kembar. Berikut ini adalah tips meningkatkan kemungkinan kehamilan atau dengan kata lain agar segera hamil setelah mencoba melakukannya.

Cara Cepat Hamil Tepat Efektif Terbukti
Sahabat akan secara drastis mengurangi risiko cacat lahir tertentu jika mulai mengkonsumsi asam folat setidaknya satu bulan sebelum mulai mencoba untuk hamil. Sahabat juga perlu memperbanyak pengetahuan mengenai kehamilan agar mengetahui cara supaya cepat hamil. Misalnya mengenai masa subur, cara meningkatkan kesuburan, dan lainnya. Cari tahu apa lagi yang bisa sahabat lakukan untuk cepat hamil dengan kehamilan sehat dan bayi pintar dalam poin-poin penting berikut ini yang telah HamilBayi.Com sarikan dari BabyCenter dan sumber terpercaya lainnya.

1. Konsultasi dengan dokter & pertimbangkan pengujian genetik



Tips pertama cepat hamil tentunya adalah dengan berkonsultasi dengan dokter. Sahabat akan sangat mungkin hamil jika tubuh siap untuk hamil, dan untuk mengetahuinya sahabat perlu menjadwalkan beberapa pemeriksaan pra hamil dengan dokter atau bidan. Langkah awal adalah pemeriksaan kesehatan diri sendiri dan pasangan secara menyeluruh. Mungkin cara ini tidak akan menjanjikan kehamilan yang segera, namun cara ini sangat berguna dalam tujuan untuk segera mengambil langkah-langkah tepat yang diperlukan yang akan membantu untuk hamil lebih cepat dalam jangka panjang.

Bergantung pada riwayat kesehatan sahabat ataupun keluarga, dokter mungkin menyarankan untuk melakukan skrining genetik untuk melihat apakah sahabat atau pasangan adalah memiliki penyakit warisan serius seperti cystic fibrosis, penyakit sel sabit, dll. Ini penting untuk membantu memastikan bayi nantinya sehat. Untuk melakukan test skrining genetik ini sahabat beserta pasangan cukup memberikan sampel air liur atau darah.

2. Pelajari Masa Subur

Rahasia terbesar agar lebih cepat hamil adalah dengan mengetahui masa subur perempuan atau kapan wanita berovulasi (melepaskan sel telur dari ovarium). Alasannya tentu karena sperma harus menggapai sel telur untuk bisa hamil. Perempuan berovulasi setiap satu kali siklus menstruasi, dengan kata lain hanya tersedia waktu selama beberapa hari bagi hubungan intim agar bisa hamil. Dengan mengetahui kapan perempuan mengalami ovulasi, sahabat pasangan dapat mengidentifikasi dengan tepat kapan sel telur dalam jumlah yang banyak sehingga memudahkan sperma menggapai sel telur untuk cepat hamil. Dengan kata lain, siklus haid sangat menentukan keberhasilan program kehamilan. Jika sahabat mengalami siklus normal (sekitar 28 hari), masa subur diperkirakan adalah pada hari ke 12 sampai ke 16 dihitung dari hari pertama haid.

Jika sahabat mendapatkan haid / menstruasi yang tidak teratur selama beberapa bulan, menentukan masa subur menjadi susah. Konsultasikan dengan bidan atau dokter untuk meminta rekomendasi menghitung masa subur dengan tepat. Sahabat dapat mengetahui kapan masa subur perempuan dengan memperhatikan Siklus Haid dan menggunakan beberapa metode. Lebih jelasnya baca artikel Cara Memprediksi Masa Subur.

3. Hubungan seks di waktu yang tepat



Dengan mengetahui masa subur (yaitu Ovulasi, yang merupakan waktu dimana sel telur dilepaskan dari ovarium), waktu yang sempurna untuk melakukan hubungan seks dapat direncanakan. Sahabat memiliki beberapa hari untuk seks menjadi kehamilan, yaitu selama masa subur. Sementara masa subur menurut American Society for Reproductive Medicine meliputi interval enam hari; lima hari sebelum ovulasi dan pada hari ovulasi itu sendiri. Sementara menurut suatu studi, hubungan yang paling mungkin untuk menghasilkan kehamilan adalah pada dua hari sebelum ovulasi.

Meskipun jika dimulai sedikit lebih cepat juga tidak apa-apa, karena (sedikit) kehamilan juga terjadi dari hubungan seks yang terjadi enam hari sebelum ovulasi. Sebagaimana diungkap Planned Parenthood, sperma bisa bertahan selama 3-6 hari dalam tubuh perempuan (meskipun juga menurut March of Dimes, sel telur hanya bertahan sekitar satu hari). Ini berarti jika sahabat berhubungan seks pada hari Senin, sperma bisa bertahan di saluran tuba sampai sekitar Kamis - atau mungkin sampai Minggu menunggu sel telur untuk dibuahi.

Jika Sahabat tidak yakin kapan masa subur, cara termudah adalah dengan melakukan hubungan seks setiap hari. Dengan begitu berarti akan selalu ada sperma sehat di saluran tuba yang menunggu sel telur dikeluarkan. Berhubungan seks terlalu sering memang tidak akan mempercepat kehamilan, namun itu baik-baik saja untuk dilakukan. Menurut Dr Mary Ellen Pavone, ahli endokrinologi reproduksi dan spesialis infertilitas, dan direktur medis dari program IVF di Fertility Northwestern Medicine dan Kedokteran Reproduksi di Chicago sebagaimana dimuat livescience, hasil penelitian menunjukkan bahwa belum ada perbedaan besar dalam tingkat kehamilan antara pasangan yang berhubungan seks setiap hari selama "masa subur" (37 %) dibandingkan dengan pasangan yang melakukan hubungan seks setiap hari (33%).

Tips lain: Jika sahabat sedang menunda untuk berhubungan seks sampai masuk masa paling subur, pastikan sahabat tidak menahannya terlalu lama. Pasangan sahabat harus ejakulasi setidaknya sekali pada hari-hari sebelum masa paling subur. Jika dia tidak, mungkin ada penumpukan sperma mati dalam air mani, dan sperma mati tidak bisa berbuah kehamilan.

4. Terapkan pola hidup sehat

Keinginan untuk memiliki anak seharusnya dapat mendorong sahabat untuk memilih gaya hidup sehat. Sahabat harus lebih sadar akan makanan, minuman dan obat-obatan yang masuk ke dalam tubuh, dan juga menyisihkan waktu untuk berolahraga. Memang pada kondisi tertentu seseorang yang ingin cepat hamil harus melakukan diet demi menjaga berat badannya tetap normal, namun seiring dengan itu sahabat juga harus memperhatikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Berikut ini beberapa hal yang dapat sobat lakukan dalam menerapkan pola hidup sehat agar cepat hamil.
  • Kurangi alkohol (studi menunjukkan bahwa rutin minum alkohol setiap hari dapat menurunkan kadar testosteron dan jumlah sperma serta justru meningkatkan jumlah sperma yang abnormal)
  • Jauhi rokok dan narkoba (ini dapat menyebabkan fungsi sperma yang buruk)
  • Makan cukup dari nutrisi kunci tertentu - seperti seng, asam folat, kalsium, vitamin C dan D - yang membantu menciptakan sperma yang berlimpah dan tangguh
  • Hindari kolam air panas, sauna, & mandi air panas, karena panas membunuh sperma (testis berfungsi dengan baik pada 34,5-35,5 derajat Celcius).
Penjelasan lebih lanjut baca pada artikel Pola Hidup Sehat / Diet Agar Cepat Hamil.

5. Konsultasi ke Dokter Spesialis Kesuburan

Kalau sahabat ingin hamil alami, kehamilan akan mungkin terjadi 3 bulan setelah memutuskan ingin hamil. Jika belum, berapa lama harus terus mencoba sebelum mencari bantuan dari dokter spesialis kesuburan tergantung sebagian besar pada usia karena kesuburan menurun seiring bertambahnya usia. Jika sahabat atau pasangan berusia lebih dari 40 tahun, segera putuskan untuk pergi ke dokter ahli secepatnya. Jika berusia antara 35 tahun sampai 40 tahun, pergi ke dokter spesialis setelah tidak berhasil mencoba selama enam bulan. Sementara jika berusia kurang dari 35, terus mencoba berhubungan seks secara teratur tanpa kontrasepsi selama 1 tahun sebelum pergi ke dokter ahli. Dan tentu saja, jika sahabat mencurigai masalah kesuburan pada diri sendiri atau pasangan, pergi ke dokter spesialis secepatnya - tidak ada alasan untuk menunggu.

Dokter spesialis kesuburan mungkin akan memeriksa sistem reproduksi sahabat dan pasangan, yang pada khususnya tingkat kesuburan beserta hal lain yang diperlukan. Jika ditemukan hal-hal yang terkait dengan kesuburan, dokter ahli kesuburan mungkin akan memberikan perawatan dan pengobatan lebih mendalam yang bersifat kondisional. Mengenai hal ini baca juga Faktor yang Mempengaruhi Kesuburan, dan Penyebab dan Cara mengatasi Mandul Pada Pria dan Wanita.

6. Hindari stres dan terus berdoa

Rasa ingin hamil dan memiliki keturunan yang sangat besar dapat saja memicu tekanan batin dan pikiran dan mengakibatkan stress. Sementara stres justru menurunkan semangat untuk berusaha hamil, dan bahkan dapat menurunkan daya tahan tubuh yang membuat sahabat sakit. Meskipun sahabat harus tetap mencoba namun tidak kunjung hamil, tetap pergi ke dokter spesialis kesuburan dan terus melakukan hal-hal yang disarankan. Kelola stres di rumah dan di tempat kerja dengan baik dan cari cara bagi tubuh dan pikiran untuk bersantai, apakah dengan berolahraga, mengambil napas dalam-dalam, mendengarkan musik melakukan yoga, atau cara lainnya.

Selalu bersemangat! Sahabat maupun dokter hanya dapat membuat rencana dan terus berusaha melakukan yang terbaik, sementara yang menentukan semuanya adalah Tuhan Yang maha Kuasa. Sahabat harus ikhlas dan terus menikmati dan menjalani hidup dengan sanai dan pikiran yang terbuka, dan terus berusaha dengan maksimal dan berdoa agar kesempatan untuk cepat hamil semakin meningkat. Usahakan juga untuk meminta restu doa dari kedua orang tua, kerabat, dan teman-teman agar diberkahi karunia kehamilan secepatnya.

Demikian artikel Cara Cepat Hamil yang Tepat Efektif dan Terbukti yang mengulas beragam seluk belum upaya yang perlu dilakukan oleh sahabat yang ingin cepat hamil. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan sahabat segera mendapatkan kehamilan dan persalinan yang sehat dan lancar serta keturunan yang sehat dan pintar.

Subscribe to receive free email updates: