Cara Meningkatkan Kesuburan Suami Istri

Masalah kesuburan adalah implikasi dari terganggunya sistem reproduksi wanita maupun menurunnya kualitas - kuantitas sperma pada pria. Menurut hasil penelitian, ditemukan bahwa 30% masalah kesuburan terjadi karena masalah pada perempuan, 30% karena masalah pada laki-laki, dan 40% karena masalah lainnya.

Sebelum membahas cara meningkatkan kesuburan pada wanita dan pria suami istri, sahabat perlu menyadari bahwa kesuburan perempuan mengalami penurunan seiring pertambahan usia. Kesuburan menurun pada wanita secara bertahap mulai tahun 30-an, penurunan tajam setelah usia 37 dan penurunan tajam setelah usia 40, karena perubahan ovarium yang menyebabkan penurunan kuantitas dan kualitas sel telur. Ini berarti, semakin sahabat menunda kehamilan, akan semakin sulit atau semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk hamil. Untuk itu, saran paling penting bagi perempuan adalah menyegerakan untuk hamil. Berikut ini adalah tips cara meningkatkan kesuburan suami istri agar cepat hamil.
cara meningkatkan kesuburan pada wanita pria suami istri
Berikut ini adalah cara meningkatkan kesuburan pada wanita dan pria suami istri yang HamilBayi.Com ambil dari Mayoclinic dan sumber lainnya.

A. Yang Harus Dilakukan Guna Meningkatkan Kesuburan Agar Cepat Hamil

Ketika sahabat memutuskan untuk cepat hamil, selalu ingat dan lakukan hal-hal berikut ini yang akan meningkatkan kesuburan agar semakin cepat hamil.

1. Pertimbangkan perencanaan prakonsepsi



Konsultasi dengan dokter atau bidan sangat baik sebagai langkah awal. Dokter dapat menilai kesehatan sahabat dan pasangan secara keseluruhan dan membantu untuk mengidentifikasi perubahan gaya hidup yang dapat meningkatkan peluang untuk kehamilan yang sehat. Perencanaan prakonsepsi sangat membantu jika Anda atau pasangan Anda memiliki masalah kesehatan, terutama kondisi kesehatan yang mempengaruhi kesuburan.

2. Berhubungan seks secara teratur agar cepat hamil.

Jika sahabat. Untuk pasangan, tidak ada hal seperti terlalu banyak seks. Bagi banyak pasangan yang sehat dan ingin hamil, berhubungan seks secara konsisten dua atau tiga kali seminggu dapat membuat cepat hamil. Karena dengan begitu kemungkinan seks pada waktu yang tepat (pada masa subur) meningkat dan hampir pasti mencapai masa subur di beberapa titik, dan itu adalah hal yang terpenting untuk dilakukan supaya cepat hamil.

Pada masa subur dimana ovulasi terjadi, usahakan untuk melakukan hubungan seks sekali dalam satu hari. Tujuannya tentu adalah untuk meningkatkan kemungkinan pembuahan. Meskipun tentunya kuantitas dan kualitas sperma cenderung menurun sedikit setiap kali hubungan seks, ini biasanya bukanlah masalah bagi laki-laki yang sehat.

3. Lakukan pilihan gaya hidup sehat.

Gaya hidup sehat selalu baik dalam kehidupan, baik pada saat ingin hamil, masa kehamilan, menyusui, maupun saat kehidupan seperti biasanya. Gaya hidup sehat untuk meningkatkan kesuburan agar cepat hamil meliputi hal-hal berikut:
  • Jaga berat badan yang sehat
  • Lakukan aktivitas fisik moderat dalam rutinitas harian, namun hindari yang terlalu berat (terutama untuk perempuan)
  • Makan cukup dari nutrisi kunci tertentu - seperti seng, asam folat, kalsium, vitamin C dan D - yang membantu menciptakan sperma yang berlimpah dan tangguh serta kesehatan reproduksi wanita dengan baik.
  • Kelola stres dengan baik, bersantai dalam menjalani hidup yang memang penuh tekanan

4. Konsumsi Vitamin

Konsumsi vitamin prenatal harian atau suplemen asam folat yang dimulai beberapa bulan sebelum kehamilan sangat baik karena berperan penting dalam perkembangan bayi dan secara signifikan mengurangi risiko spina bifida dan cacat tabung saraf lainnya.

B. Yang Harus Dihindari Guna Meningkatkan Kesuburan Agar Cepat Hamil

Sperma memiliki kesempatan terbaik menggapai sel telur ketika mereka sedang sehat, kuat, juga berlimpah. Beberapa hal berikut ini dapat membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma dan jugs meningkatkan kesehatan wanita. Selalu ingat dan hindari pantangan / larangan berikut ini yang akan meningkatkan kesuburan agar semakin cepat hamil.

1. Jauhi rokok dan narkoba

Merokok dapat menyebabkan masalah kesuburan berupa fungsi sperma yang buruk pada pria dan tidak normalnya fungsi ovarium pada wanita, yang dapat mempengaruhi peluang untuk cepat hamil. American Society of Reproductive Medicine menemukan bahwa bahan kimia dalam asap rokok seperti nikotin dan karbon monoksida mempercepat laju hilangnya sel telur perempuan. Ganja dan penggunaan narkoba lainnya juga harus dihindari jika ingin cepat hamil.

Jika sahabat meiliki kebiasaan merokok baca juga artikel Cara Sukses Berhenti Merokok; Cepat, Ampuh, dan Efektif. Selain itu, konsultasi dengan dokter tentu jalan terbaik untuk mengatasi kebiasaan merokok dan kecanduan terhadap narkoba. Dokter akan memberikan saran maupun pengobatan terbaik untuk membantu sahabat berhenti merokok maupun mengkonsumsi narkoba sebelum kehamilan.

2. Jangan minum alkohol.



Kurangi alkohol sekarang juga jika sahabat berharap untuk hamil. Studi menunjukkan bahwa minum alkohol setiap hari dapat menurunkan kesuburan karena berimplikasi pada menurunnya kadar testosteron dan jumlah sperma serta justru meningkatkan jumlah sperma yang abnormal pada laki-laki. Sementara pada wanita minum alkohol dapat membahayakan perkembangan janin di dalam kandungan.

Menurut The American College of Obstetricians dan Gynecologists, minum alkohol moderat (1-2 gelas per hari) maupun tingkat berat (lebih dari dua minuman per hari) dapat membuat sulit bagi seorang wanita untuk hamil. Sementara jika sudah hamil, tidak sedikitpun jumlah alkohol yang aman untuk dikonsumsi. Cara terbaik tentunya jangan minum minuman mengandung alkohol sama sekali baik sebelum maupun saat hamil.

3. Jangan minum obat tanpa resep dokter

Obat tertentu bahkan obat yang dijual bebas tanpa perlu resep bisa membuat sulit cepat hamil ataupun mempengaruhi kehamilan. Konsultasikan dengan dokter, apakah obat yang sahabat konsumsi dapat mengganggu rencana kehamilan yang sahabat inginkan.

4. Jangan gunakan pelumas vagina

Beragam pelumas vagina yang dijual bebas maupun air liur dapat memiliki efek menurunnya kesuburan wanita. Hannya jika sahabat benar-benar membutuhkan pelumas vagina untuk melakukan hubungan seksual, pertimbangkan minyak mineral atau minyak canola, atau konsultasikan dengan dokter untuk saran lain.

5. Jangan olahraga berat dan berlebihan

Meskipun aktivitas fisik moderat dapat meningkatkan kesuburan, olahraga berat dan berlebihan mungkin memiliki efek sebaliknya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa aktivitas aerobik yang kuat selama 5 jam atau lebih dalam seminggu dapat mengganggu kesuburan seorang wanita yang tidak kelebihan berat badan.

6. Hindari kolam air panas, sauna, & mandi air panas

Agar cepat hamil, hindari untuk mandi dengan air panas, berebdam di kolam air panas, dan terlebih sauna. Panas dapat membunuh atau mengurangi kekuatan sperma (testis berfungsi dengan baik pada 34,5-35,5 derajat Celcius).

7. Buat rumah dan lingkungan kerja yang ramah kesuburan

Sering terpapar rumput dan pestisida pertanian, polusi, atau pelarut kimia yang digunakan di tempat kerja dapat membahayakan kesuburan wanita. American Society for Reproductive Medicine merekomendasikan penggunaan masker wajah untuk meminimalkan paparan itu, gunakan sarung tangan pelindung untuk tangan, juga kacamata dan pakaian jika berada di sekitar tempat yang berpotensi terdapat banyak bahan beracun.

Demikian artikel Cara Meningkatkan Kesuburan Suami Istri yang memuat hal-hal yang dianjurkan untuk dilakukan maupun pantangan yang harus dihindari baik oleh pria maupun wanita agar cepat hamil. Semoga membantu sahabat dan dapat bermanfaat untuk kita semnua.

Subscribe to receive free email updates: