Mandul pada Pria dan Wanita : Ciri Ciri, Penyebab dan Cara Mengatasi

Mungkin sahabat sedang mencari cara cepat hamil, apa ciri ciri mandul bagi pria sejak dini, penyebab mandul pada lelaki / laki laki dan perempuan, makanan penyebab mandul wanita dan pria, atau apakah keseringan duduk rawan mandul, dan artikel HamilBayi.Com yang berjudul Infertilitas (Mandul) pada Pria dan Wanita : Ciri Ciri, Penyebab dan Cara mengatasinya dengan Obat / Terapi ini akan berusaha menjabarkan itu semua.

Cepat hamil tentu merupakan idaman semua orang, apalagi yang baru menikah dan belum mempunyai keturunan. Namun begitu untuk hamil bisa gampang dan bisa susah, bergantung pada kondisi dari masing-masing individu dan pasangannya. Seperti misalnya banyaknya pasangan yang belum resmi menikah namun aktif secara seksual dan malah mendapatkan bayi, dan kehamilan yang tidak diinginkan itu bahkan telah menjadi kecemasan dan momok menakutkan bagi orang tua, dunia pendidikan, maupun masyarakat secara umum.

Mandul pada Pria dan Wanita : Ciri Ciri, Penyebab dan Cara Mengatasi
Namun sebaliknya, bagi banyak pasangan yang memiliki infertilitas / mandul akan membantah anggapan bahwa hamil itu persoalan yang gampang dan prosesnya sederhana. Sebagaimana yang dapat dilihat dari ramainya pasangan yang sedang berjuang untuk cepat hamil dengan mengunjungi dokter spesialis kesuburan. Bahkan Infertilitas terkadang menyakitkan bagi suami, istri maupun keduanya. Karena memang mandul mempengaruhi bayak aspek dalam kehidupan seseorang beserta dengan pasangannya, dan mengetahui lebih banyak mengenai fakta mengenai kemandulan mungkin membantu untuk mengatasinya.

1. Pengertian umum Mandul / infertilitas

Mandul didefinisikan sebagai kegagalan pasangan atau salah satu dari pasangan untuk mendapatkan kehamilan meski sudah mencoba melakukan hubungan seks tanpa kontrasepsi selama beberapa waktu (menurut wikipedia selama 12 bulan). Sementara itu, sesuai dengan definisi mandul tersebut, sekarang ini menurut American Pregnancy satu dari 6 pasangan mengalami mandul. Bahkan disebutkan juga bahwa jumlah tersebut adalah sebanyak 10% dari pasangan yang berada di usia subur.

Dulu perempuan seringkali yang disalahkan atas kondisi mandul, namun sekarang ini mandul laki-laki dan perempuan hampir sama. Mandul dipengaruhi 30% karena faktor pria, 30% karena faktor perempuan. 40% lainnya adalah sering karena campuran masalah, atau disebut sebagai "faktor lainnya". Meskipun begitu, tren saat ini tetap lebih fokus pada kesuburan wanita.

Sementara itu, faktor terbesar tunggal sebab mandul / infertilitas saat ini adalah tren sosial menunda kehamilan di masa subur. Perempuan sekarang mencoba untuk hamil pada usia yang lebih tua jika dibandingkan dengan masa lampau.

2. Penyebab Mandul pada Wanita



Siklus menstruasi / haid yang tidak teratur merupakan alasan umum mandul pada wanita. Tidak mengalami atau jarang menstruasi, perdarahan berkepanjangan dan berlebihan, dan perdarahan (bercak darah) diantara siklus haid mempersulit prediksi masa subur atau kapan ovulasi terjadi sehingga hubungan seks bertujuan untuk cepat hamil dapat dilakukan pada waktu yang tepat.

a. Penyakit dan Gaya Hidup

Ada juga sejumlah penyakit dan kondisi yang dapat menyebabkan masalah kesuburan. Begitupula dengan gaya hidup yang dapat menyebabkan mandul pada wanita. Seperti kebiasaan merokok yang dapat mempengaruhi ovulasi sehingga mengurangi kemungkinan wanita untuk hamil, dan meningkatkan kemungkinan keguguran pada wanita yang merokok saat hamil. Juga dengan berat badan yang tidak proporsional (sangat kurus atau sangat gemuk), sebagaimana dikemukakan American Society of Reproductive Medicine (ASRM), perempuan dengan berat badan yang terlalu kurus maupun terlalu gendut jumlahnya sekitar 12% dari semua kasus mandul.

b. Menurunnya kesuburan sejalan Usia Wanita

Banyak ahli percaya bahwa usia merupakan penyebab terbesar mandul pada wanita daripada laki-laki. Ini dapat sahabat lihat dari kurva kesuburan, dimana terjadi penurunan kemampuan bagi seorang wanita untuk hamil sekitar 50% dari usia 30 sampai 40 dan setiap dua tahun. Selain itu, jarang perempuan di atas 44 tahun yang hamil dengan sel telurnya sendiri. Umur memainkan peran kunci karena jumlah sel telur dan normalitas kromosom dari setiap telur menurun drastis seiring usia wanita.

Perempuan memiliki 7 juta sel telur saat masih janin, 1-2juta ketika mereka lahir, dan 600.000 ketika pubertas. Namun begitu setiap bulan 500 sel telur terbuang saat ovulasi, dan saat berusia 40 tahun 97% dari sel telur saat pubertas. Sementara pria terus menerus memproduksi sperma segar setiap 90 hari, sehingga sel-sel tetap muda dan sehat meskipun pria lebih tua. Singkatnya, penurunan terukur kesuburan wanita sejalan dengan usianya.

3) Sebab Mandul pada Pria

Sebab mandul pada pria yang paling umum dan penting dari adalah memiliki masalah dengan bagaimana testis membuat dan mengeluarkan sperma, ketidakseimbangan hormon, atau penyumbatan pada organ reproduksi laki-laki. Penghalang skema jalannya sperma dari testis ke penis, baik alami atau melalui vasektomi, dialami hingga 20% individu yang meiliki masalah mandul.

Sekitar 10% sampai 15% dari infertilitas laki-laki dikarenakan oleh sperma yang kurang lengkap (jumlah sperma yang rendah dan sperma cacat alasan lagi). Faktor lainnya adalah masalah fisik seperti luka pada testis, radiasi dan kemoterapi, kegagalan testis turun, atau pembesaran pembuluh darah di skrotum disebut varikokel.

Beragam penyakit juga bisa membuat pria menjadi mandul. Seperti diabetes, kelainan endokrin, penyakit menular, dan lainnya. Diabetes bisa mengakibatkan disfungsi ereksi dan masalah ejakulasi karena berkurangnya aliran darah dari kerusakan pembuluh darah; masalah tiroid seperti hipertiroid dapat mempengaruhi jumlah dan mobilitas sperma. Hormon juga mempengaruhi produksi sperma. Kelainan endokrin menyebabkan testosteron rendah dan bisa menjadi faktor kemandulan. Ada juga penyebab genetik mandul pada pria, beberapa di antaranya adalah kelainan kromosom. Begitu pula dengan penyakit menular seperti gondok atau penyakit dan infeksi menular seksual yang juga dapat berdampak pada produksi sperma.

Bahkan pria masih bisa mendapati masalah meskipun testis memproduksi sperma yang layak. Seperti kemampuan sperma untuk bergerak sampai ke sel telur dan membuahinya. Pada banyak kasus, sperma bisa berenang namun terlalu lambat, atau tidak bergerak sama sekali, sehingga mati sebelum mencapai sel telur wanita.

4) Pengobatan Mandul pada Wanita



Menurut Institut Nasional Kesehatan Anak dan Pembangunan Manusia (NICHD), wanita yang memiliki masalah ovulasi adalah yang paling mungkin berhasil sembuh dari mandul dengan bantuan pengobatan kesuburan. Wanita tidak ovulasi dapat diobati dengan obat-obatan oral atau suntik yang menginduksi / memicu ovulasi. Jika masalah ovulasi merupakan satu-satunya penyebab mandul, induksi ovulasi adalah bentuk pengobatan yang sangat efektif.

Sementara yang kurang berhasil mewujudkan kehamilan adalah intervensi kesuburan dengan jalan pembedahan. Pembedahan ini bertujuan untuk menghapus pola endometriosis (kondisi dimana sel-sel yang melapisi rongga rahim tumbuh ke dalam jaringan di luar rahim) agar dapat melipatgandakan peluang untuk hamil, tetapi tingkat keberhasilan untuk bedah perbaikan saluran tuba rendah.

5) Pilihan Lain Jika Obat atau Operasi Gagal Mengatasi Mandul

Ketika pasangan tidak berhasil dengan intervensi obat atau bedah, masih terdapat pilihan dengan bantuan “teknologi reproduksi yang dibantu” (Assisted Reproduction Technology / ART). Ini terdiri dari dua cara, yaitu Intrauterine insemination (IUI) dan Fertilisasi in-vitro (IVF).
  1. Intrauterine insemination (IUI) adalah ART dengan cara menempatkan sperma pria ke dalam rahim wanita dengan tabung panjang yang sempit agar dapat mencapai sel telur dengan sempurna. IUI paling efektif untuk mengobati wanita dengan cacat serviks atau jaringan parut, atau pria dengan jumlah sperma yang rendah, masalah dengan mobilitas sperma, ereksi atau ejakulasi retrograde.
  2. Fertilisasi in-vitro (IVF) adalah teknik ART yang terpopuler. Cara kerja IVF adalah dengan mengeluarkan sperma dan sel telur dan dicampur bersama-sama di laboratorium untuk menciptakan embrio.Usia ibu, indeks massa tubuh, faktor gaya hidup dan riwayat reproduksi dapat mempengaruhi keberhasilan IVF, seperti mempengaruhi kelangsungan hidup embrio.

Bentuk IVF yang paling efektif melibatkan skrining embrio dan menempatkan kembali yang kromosomnya normal. Karena penyebab terbesar kegagalan IVF adalah disebabkan oleh penanaman embrio yang terlihat baik padahal tidak (sebenarnya kromosom abnormal).

Jika teknik ini tidak bekerja, pasangan masih bisa menempuh jalan dengan mencari bantuan donor sperma atau sel telur sumbangan pihak ketiga. Dengan kemajuan teknologi, bank sperma dan sel telur telah ada selama bertahun-tahun di luar negeri. Bahkan ada juga tren dimana perempuan muda yang membekukan sel telur mereka sendiri untuk digunakan di kemudian hari, yang dikarenakan mereka menginginkan kehamilan dari sel telur mereka sendiri. Seorang wanita karir atau yang secara sadar akan menunda melahirkan anak memiliki pilihan untuk menempatkan batch telur dalam freezer agar dia bisa menjadi donor sel telur sendiri jika dia ternyata membutuhkannya. Namun begitu,biaya cara terakhir ini sangat mahal, mencapai ratusan juta rupiah hanya untuk membekukan sel telur saja.


Sampai sini artikel Infertilitas (Mandul) pada Pria dan Wanita : Ciri Ciri, Penyebab dan Obat / Terapi yang menjabarkan jawaban pertanyaan mulai dari apa ciri ciri mandul bagi pria sejak dini, penyebab mandul pada lelaki / laki laki dan perempuan, makanan penyebab mandul pada wanita dan pria, sampai dengan apakah keseringan duduk rawan mandul yang bersumber dari CNN dan sumber lainnya. Dan mohon maaf bagi sahabat yang mencari lirik ataupun mp3 lagu dangdut rhoma irama yang berjudul mandul karena tidak dibahas pada artikel ini. Semoga bisa bermanfaat untuk semua.

Subscribe to receive free email updates: