Pola Hidup Sehat / Diet Agar Cepat Hamil

Pola hidup sehat tidak hanya diperlukan sepanjang kehidupan untuk menjaga kesehatan, namun juga mempengaruhi kesuburan yang dibutuhkan untuk cepat hamil, kesehatan umum kehamilan saat ibu hamil muda maupun hamil tua, maupun kesehatan saat persalinan. Pola hidup sehat ini harus diterapkan oleh sahabat beserta dengan pasangan, karena kehamilan dipengaruhi bukan hanya salah satu namun oleh laki-laki dan perempuan. Berikut ini beberapa saran pola hidup sehat sebagai salah satu cara agar cepat hamil.

1. Perbaiki Pola Makan

Pola Hidup Sehat Agar Cepat Hamil
Semakin cepat sahabat memulai pola makan yang baik, semakin besar kemungkinan buat cepat hamil. Makanan sangat berkaitan dengan kesuburan pria dan wanita. Jika sahabat ingin cepat hamil, disarankan untuk tidak melakukan diet yang bertujuan menguruskan badan, ataupun makan berlebihan yang kemudian menyebabkan penambahan berat badan yang ekstrim. Ini berarti sahabat harus segera mempelajari dan menerapkan pola makan sehat buat cepat hamil; diet dalam artian konsumsi makanan yang bergizi seimbang dan nutrisi yang cukup. Tujuannya, memperbesar peluang kehamilan supaya cepat hamil, memiliki kehamilan yang sehat dan persalinan yang lancar. Ini terutama penting untuk menjaga sistem reproduksi perempuan dan juga menjaga kualitas dan kuantitas sperma pada pria.

Makan berbagai makanan sehat dapat membantu mempersiapkan tubuh wanita supaya cepat hamil dengan memberikan suplai nutrisi penting yang memadai seperti kalsium, protein dan zat besi yang spesifik. Ini berarti sahabat harus mengkonsumsi makanan dengan nutrisi dan vitamin baik supaya kesuburan suami istri meningkat yang terdiri dari berbagai buah-buahan dan sayuran, protein tanpa lemak, biji-bijian, roti gandum, sumber lemak seha,t dan makanan kaya kalsium seperti yoghurt, keju, dan susu setiap hari.



Sahabat bisa memperoleh vitamin B dari makanan seperti sayuran berdaun hijau gelap, alpukat, brokoli, roti yang diperkaya dan sereal, kacang-kacangan, kecambah, buah jeruk, dan jus jeruk. Jika sahabat gemar mengkonsumsi ayam, telur, daging, dan makanan lain yang mengandung banyak kolesterol, disarankan untuk terus menerus mengontrol tingkat kolesterol (karena kolesterol dipercaya menghambat kehamilan). Calon ibu juga harus banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam folat seperti buah kiwi dan sayur bayamyang berguna nantinya dalam perkembangan otak janin dalam kandungan agar bayi cerdas dan sehat.

Selain itu, hentikan juga pola hidup berikut ini agar cepat hamil dan selalu sehat:
  1. Jangan Makan Ikan Merkuri Tinggi. Meskipun ikan umumnya sangat sehat, jenis tertentu yang tinggi merkuri, yang dapat membahayakan janin dalam kandungan nantinya. Maka sahabat yang sedang berusaha cepat hamil disarankan mengurangi konsumsi ikan yang tinggi merkuri, seperti ikan todak, hiu, king mackerel dan tilefish guna mengurangi paparan merkuri dan logam beracun. Soalnya merkuri dapat terakumulasi dalam tubuh selama lebih dari satu tahun. Sebaliknya, makan ikan rendah-merkuri seperti salmon dan tuna kalengan (bukan tuna albacore / tuna putih, yang merkurinya tinggi) sekali atau dua kali seminggu.
  2. Kurangi Makan Daging Olahan, Hentikan Makan Daging Asap & Daging Mentah. Daging olahan hanya boleh dikonsumsi dalam jumlah kecil, dan daging asap serta daging mentah harus dihindari sepenuhnya selama kehamilan. Sementara hot dog atau daging deli harus dipanaskan sampai benar-benar matang sebelum dimakan. Sebenarnya untuk hal ini akan berpengaruh pada kehamilan, namun agar terbiasa sebaiknya lakukan sejak sahabat ingin hamil.
  3. Kurangi dan Hentikan Merokok. Tak terhitung jumlah penelitian yang membuktikan dampak buruk rokok pada kesehatan umum seseorang. Merokok juga disinyalir mempengaruhi kesuburan dengan tersumbatnya saluran falopi (lorong menuju sel telur) yang menghambat perjalanan sperma bertemu sel telur. Merokok juga meningkatkan resiko kehamilan ektopik dan menurunnya kualitas sel telur. Kandungan kimia dalam rokok juga dipercaya terbukti menurunkan kesuburan pria dan bahkan dapat menyebabkan infertilitas (mandul) pada pria.
  4. Kurangi dan Hentikan Konsumsi Minuman dan Makanan Beralkohol. Gaya hidup lain yang patut dihindari / menjadi pantangan supaya cepat hamil adalah pemakaian obat-obatan terlarang secara sembarangan / narkoba, serta minuman beralkohol secara berlebihan.
  5. Kurangi Konsumsi Kafein. Kafein yang terdapat pada teh, kopi, dan minuman lainnya dapat menurunkan kesempatan hingga 25% untuk bisa hamil jika dikonsumsi secara berlebihan. Karena bisa merusak transportasi telur dari ovarium ke rahim, maupun mengganggu pematangan sel telur. Namun, menurut American Society for Reproductive Medicine, konsumsi lebih dari 500 miligram kafein sehari telah dikaitkan dengan penurunan kesuburan pada wanita. Konsumsi 1 sampai 2 cangkir 8 ons kopi, atau kurang dari 250 mg kafein per hari sebelum hamil tampaknya tidak berdampak pada kemungkinan pembuahan. Namun begitu, bergantung pada kondisi kesehatan sahabat, dokter mungkin menyarankan agar tidak mengkonsumsi kafein sama sekali.

2. Usahakan Berat Badan Ideal

Mengurangi beberapa Kg jika sahabat terlalu gemuk atau menambahkan beberapa Kg berat badan jika terlalu kurus agar dapat sedekat mungkin dengan berat badan ideal merupakan ide yang baik untuk segera dilakukan ketika ingin cepat hamil. Namun begitu, tidak perlu tergesa ketika mencoba diet dengan pola makan sehat makanan tinggi serat dan rendah lemak serta berolahraga secara rutin. Menurunkan berat badan 1-2 Kg per minggu aman dilakukan dalam proses menurunkan berat badan. Karena menurukan berat badan secara ekstrim dapat menguras persediaan gizi dalam tubuh yang tidak baik sebagai awal kehamilan.

Berat badan ideal adalah sesuai dengan indeks massa tubuh / body mass index (BMI) yaitu berkisar antara 18.5 – 24.9. Cara menghitungnya adalah dengan membagi berat tubuh (Kilogram / Kg) dengan tinggi badan (meter/m). Jaga berat badan sahabat berada pada batas ideal (tidak terlalu kurang dan tidak terlalu lebih) karena berat badan tidak ideal selain bisa mempersulit proses pembuahan sel telur oleh sperma, juga dapat menjadi masalah saat sahabat hamil.

Studi kesuburan memperlihatkan bahwa kegemukan pada wanita (BMI > 35) dapat menurunkan kesuburan sekitar 4% atau memperlambat kehamilan sampai 2 kali. Ini dikarenakan timbunan lemak berlebih dapat menyebabkan produksi estrogren berlebih yang berimplikasi pada terganggunya periode ovulasi. American Society for Reproductive Medicine menyebutkan bahwa menurunkan 5 sampai 10 % berat badan sebelum seorang wanita berusaha untuk cepat hamil dapat meningkatkan kesuburan. Selain itu, wanita obesitas berpotensi mengalami kehamilan dan kelahiran komplikasi.

Begitupula pada wanita yang terlalu kurus (BMI < 19), dimana produksi hormon estrogen cenderung lambat, sehingga susah cepat hamil (menurut penelitian kehamilan 4 kali lebih lambat dari wanita dengan BMI normal). Dengan kata lain, wanita yang terlalu kurus mungkin tidak akan mendapatkan periode haid secara reguler atau bahkan berhenti berovulasi. Selain itu, wanita yang terlalu kurus juga mungkin akan mengalami masalah saat kehamilan maupun persalinan (memiliki bayi berat lahir rendah).

3. Rutin Berolahraga

Olahraga moderat yang dilakukan dengan rutin juga akan mendukung meningkatnya kesuburan pada pria dan wanita. Olahraga yang ditujukan sebagai cara cepat buat hamil tentunya berbeda sama olahraga pembentukan badan, atlet, dan sebagainya. Olahraga dan aktivitas yang berlebihan justru dapat mengganggu periode masa subur karena pituaitary (kelenjar di bawah otak) tidak merangsang sel telur untuk berovulasi. Umumnya, olahraga yang disarankan adalah dengan melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa dan juga berjalan kaki selama 30 sampai 50 menit secara rutin dua sampai 3 kali seminggu kecuali di masa subur. Untuk mengetahui jenis olahraga yang tepat untuk sahabat, konsultasikan bersama dokter, terutama jika sahabat adalah seorang atlit atau wanita karir dengan aktivitas pekerjaan yang sangat berat.

4. Konsumsi Suplemen Vitamin Prenatal agar Cepat Hamil



Tips ingin cepat hamil berikutnya adalah, menambahkan juga suplemen vitamin prenatal untuk mencukupi kebutuhan tubuh. Meskipun sahabat merasa dapat memenuhi hampir semua kebutuhan gizi melalui diet seimbang, banyak ahli percaya bahwa bahkan mereka yang hidup dengan pola makan sehat dapat menggunakan bantuan tambahan. Sahabat mungkin merasa sulit untuk makan dengan baik ketika sedang bekerja atau melakukan pekerjaan rumah tangga, sehingga mengkonsumsi vitamin prenatal memastikan tubuh mendapatkan cukup asam folat dan nutrisi lain untuk meningkatkan peluang buat cepat hamil. Vitamin telah terbukti mengurangi risiko bayi cacat lahir tabung saraf seperti spina bifida, ini juga terkait dengan menurunkan kemungkinan serangan jantung, stroke, kanker, dan diabetes.

Ingat bahwa suplemen adalah perlindungan, bukan pengganti untuk diet yang sehat. Selain itu ada juga kemungkinan multivitamin biasa mengandung vitamin dan mineral dosis tinggi yang bisa berbahaya bagi perkembangan janin, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi pil yang diformulasikan khusus untuk wanita hamil (disebut juga vitamin prenatal).

Menurut Departemen Kesehatan Amerika Serikat (USPHS), wanita usia subur harus mendapatkan 400 mikrogram (mcg) / 0,4 miligram (mg) setiap hari untuk meningkatkan kesuburan dan mencegah cacat lahir. Terlebih jika memiliki riwayat keluarga cacat lahir atau mengkonsumsi obat kejang, dokter mungkin menyarankan bahwa Anda meningkatkan asupan harian Anda untuk 4.000 mcg, atau 4 mg, mulai setidaknya sebulan sebelum hamil dan berlanjut sepanjang trimester pertama kehamilan. Dan jika hamil kembar atau kembar tiga, dokter atau bidan mungkin akan memberitahu untuk meningkatkan asupan asam folat setidaknya 400 mcg per bayi.

Vitamin prenatal yang baik harus mengandung lebih dari rekomendasi minimum asam folat, yaitu antara 600 dan 800 mcg – sesuai dengan yang akan dibutuhkan selama kehamilan. Selain itu, sahabat bisa makan makanan yang kaya folat, seperti sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam atau kangkung, buah jeruk, kacang-kacangan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan roti yang diperkaya dan sereal.Asam folat adalah vitamin yang larut dalam air, sehingga tubuh Anda akan membuangnya keluar dari tubuh jika dikonsumsi terlalu banyak. Tapi dapat terjadi penurunan kualitas juga karena larut dalam air, sehingga gunakan sedikit air ketika memasaknya agar kandungan folat terjaga.

Sahabat yang menerapkan diet vegetarian juga mungkin perlu suplemen Vitamin D dan B-12 selain protein tambahan. Dalam konsumsi folat, sahabat vegetarian juga perlu waspada karena mengkonsumsi terlalu banyak folat dapat menyembunyikan kekurangan B-12, yang kadang-kadang menjadi masalah bagi vegetarian. Konsultasikan dengan dokter tentang suplemen prenatal yang tepat.

Selain itu perhatikan juga kandungan vitamin B yang penting untuk mencegah cacat lahir pada otak bayi dan tulang belakang. Juga zat besi yang meningkatkan kesehatan. Vitamin dan nutrisi tertentu - seperti vitamin C dan E, zinc, dan asam folat - yang penting untuk membuat sperma yang sehat.


Demikian artikel mengenai Pola hidup sehat yang diperlukan untuk menjaga kesehatan secara umum, kesuburan yang dibutuhkan untuk cepat hamil, menjaga kesehatan kehamilan, dan mendukung kelancaran persalinan. Semoga menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kita semua & sahabat cepat hamil dengan kehamilan yang sehat, persalinan yang lancar, & bayi yang sehat dan pintar.

Subscribe to receive free email updates: