Tips Cepat Hamil - Ketahui Masa Subur Wanita

Bagi sahabat Hamil Bayi yang ingin mencari informasi cara agar cepat hamil dan mendapatkan anak ataupun sebaliknya (ingin agar tidak hamil) perlu mengetahui hitungan masa subur wanita. Mengetahui tanda tanda awal atau contoh cara menghitung berapa hari dan kapan masa subur wanita sebelum maupun sesudah perempuan haid / menstruasi ataupun setelah melahirkan sangatlah penting untuk memprediksi kehamilan. Karena prosentase kemungkinan untuk hamil meningkat drastis pada masa subur perempuan. Begitupun sebaliknya, apa hitungan masa tidak subur wanita sehingga pada waktu itu hubungan seks sementara tidak diperlukan bagi yang ingin cepat hamil, dan hubungan seks justru sebaiknya dilakukan bagi yg tidak ingin hamil lagi. Terlebih pada perempuan kesuburan dan kemampuan untuk melaksanakan kelahiran akan terus menurun seiring bertambahnya usia, dan sebagian besar hanya sampai umur / di usia 40. Terdapat beberapa cara untuk mengetahui masa subur yang akurat, yaitu dengan kalender menstruasi, memperhatikan lendir serviks, termometer digital, kalkulator kesuburan, dan dengan alat uji masa subur. Artikel Tips Cepat Hamil - Ketahui Masa Subur Wanita ini akan menjabarkan 5 cara menghitung masa subut tersebut.

Kehamilan didasarkan pada serangkaian proses yang sangat rumit. Sel telur memiliki kesempatan untuk dibuahi ketika wanita berovulasi (momen pelepasan sel telur dari ovarium). Setiap bulan hormon pelutein (luteinizing hormone / LH / lutropin) dari kelenjar pituitari meningkat signifikan sesaat sebelum terjadinya ovulasi dan merangsang ovarium untuk pelepasan sel telur keluar dari ovarium menuju tuba falopi (lokasi terjadinya pembuahan sel telur oleh sperma). Dan jika sel telur dibuahi, sahabat akan hamil!
Tips Cepat Hamil - Ketahui Masa Subur Wanita

Memprediksi Masa Subur Wanita (Ovulasi) supaya Cepat Hamil

Bagi wanita dengan siklus haid teratur akan lebih mudah menghitung masa suburnya. Umumnya berovulasi dua minggu sebelum kedatangan periode haid. Sebagai contoh jika siklus haid adalah 28 hari, dengan hari pertama haid di tanggal 5 Juli. Hitunglah kapan hari ke-12 dan kapan hari ke-16. Dalam contoh kasus, itu jatuh pada tanggal 16 Juli dan 20 Juli. Maka masa subur sahabat adalah 16 sampai 20 Juli.

Bagi yang siklus haidnya tidak teratur, memprediksi ovulasi sedikit lebih sulit. Ada beberapa metode perempuan dapat digunakan untuk membantu menentukan hari paling subur mereka setiap bulan. Berikut ini cara memprediksi masa subur, dari yang paling sederhana sampai yang paling akurat.

1. Mengetahui masa subur dengan kalender

Mengetahui masa subur dengan kalender Cepat Hamil
Cara termudah memperkirakan masa subur adalah dengan memperhatikan siklus datangnya dan periode menstruasi setiap bulan. Selama beberapa bulan, gunakan kalender untuk menandai hari dimulainya haid serta periode menstruasi. Cari tahu / perkirakan kapan hari periode berikutnya mungkin akan mulai. (Jika periode haid sangat tidak teratur, metode ini tidak akan bekerja untuk Anda). Ovulasi sering terjadi sekitar hari ke 14 dari siklus menstruasi, meskipun waktu yang tepat dapat bervariasi pada wanita atau bahkan selalu berubah dari bulan ke bulan. Masa subur sahabat adalah 2 hari sebelum dan 2 hari setelahnya (rentang lima hari).

2. Perkiraan masa subur dengan memperhatikan perubahan lendir serviks



Mengetahui masa subur supaya cepat hamil setelah menstruasi (haid) juga dapat dilakukan dengan memperhatikan perubahan lendir serviks. Sahabat harus secara teratur memeriksa antara jumlah dan penampilan lendir serviks di vagina. Tepat sebelum ovulasi, jika sahabat memperhatikannya, mungkin terlihat peningkatan cervical mucus (sekresi lendir vagina yang licin, lentur, elastis, dan menyerupai putih telur mentah yang jelas/mirip keputihan). Jika sahabat mengambil dan merenggangkan cervical mucus dengan dua jadi tidak akan terputus karena bersifat elastis. Lendir ini juga berguna untuk mempermudah perjuangan sperma mencapai sel telur. Sementara setelah ovulasi, dimana kemungkinan hamil sangat tipis, lendir akan lebih tebal atau hilang sepenuhnya.

Selain keputihan, beberapa perempuan juga merasakan kram ringan atau rasa sakit seperti kedutan di perut atau sakit punggung satu sisi sekitar area bawah perut tepatnya di bagian otot rahim sewaktu ovulasi. Sensasi ini dikenal sebagai mittelschmerz. Beberapa perempuan juga mengalami perubahan emosi saat masa subur, misalnya menjadi mudah marah dan moody. Perubahan hormon juga umumnya meningkatkan gairah seksual.

perubahan lendir serviks saat masa subur
Singkatnya, jika sahabat merasakan lendir keluar dari vagina lebih banyak, lebih tipis, lebih jelas dan lebih licin dari biasanya, itu berarti sahabat sedang berada pada puncak masa subur dan menjadi saat yang paling tepat untuk melakukan hubungan seks. Sebagaimana hasil penelitian yang diterbitkan jurnal Fertility and Sterility, ditemukan bahwa wanita yang memeriksa lendir serviks secara konsisten memiliki kemungkinan hamil dalam waktu enam bulan 2 sampai 3 kali lebih tinggi dibanding yang tidak.

3. Prediksi masa subur dengan suhu tubuh basal (menggunakan termometer digital)

termometer digital untuk mengetahui masa subur wanita setelah menstruasi
Ovulasi dapat menyebabkan sedikit peningkatan suhu tubuh basal (suhu tubuh terendah dalam periode 24 jam yang didapatkan ketika sepenuhnya beristirahat). Untuk memantau suhu tubuh basal, gunakan termometer digital yang khusus dirancang untuk mengukur suhu tubuh basal. Tes suhu tubuh setiap pagi sebelum beranjak dari tempat tidur dan buat pola suhu tubuh basal dengan kertas grafik untuk menemukan polanya. Jika sahabat memperhatikan tanda masa subur ini dan mencatatnya setiap hari, mungkin akan terlihat pola yang dapat membantu memprediksi kapan ovulasi berikutnya. Biasanya pola akan lebih akurat jika sahabat telah memperhatikan 3 periode menstruasi.

Masa subur adalah selama dua sampai tiga hari sebelum suhu tubuh naik lebih tinggi dari biasanya (biasanya kurang dari 0,4°-1° Fahrenheit / 0,3-0,5 derajat Celcius). Suhu tubuh normal berkisar antara 35,5° - 36° Celcius. Di masa ovulasi suhu tubuh naik menjadi 36,5°-38° Celcius, dan ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan hubungan seksual agar cepat hamil.

4. Mengetahui masa subur dengan Kalkulator Kesuburan

Download kalkulator masa subur wanita setelah haid agar cepat hamil yang akurat
Tersedia banyak kalkulator kesuburan yang dapat sahabat download gratis ataupun gunakan langsung di situs webnya. Sahabat “googling” saja dengan kata kunci “kalkulator kesuburan”, “kalkulator masa subur”, atau dalam bahasa inggris “ovulation calculator”, pasti ketemu.

Biasanya sahabat diminta untuk memasukkan tanggal haid terakhir dan juga periode haid setiap bulan, dan kalkulator masa subur nantinya akan memberitahu kemungkinan masa subur sahabat. Cara kerja kalkulator masa subur ini sebenarnya sangat sederhana, sama dengan cara mengetahui masa subur dengan kalender untuk cepat hamil sebagaimana disebutkan di atas.

5. Ketahui masa subur dengan alat tes



Jika sahabat masih belum yakin dengan tanda-tanda masa subur secara manual, sahabat dapat menggunakan ovulation kit test / alat prediksi ovulasi / alat uji masa subur. Alat uji masa subur merupakan cara paling mudah dan praktis dan sangat akurat untuk mendeteksi masa subur maupun kesuburan pada wanita dan laki-laki / pria / suami. Cara kerjanya aedalah dengan menguji urine (ataupun air liur/ludah) menggunakan stik test, apakah terjadi lonjakan hormon pelutei (LH) sebelum ovulasi. Alat uji masa subur dapat mengidentifikasi waktu yang paling mungkin ovulasi atau bahkan memberikan sinyal sebelum ovulasi benar-benar terjadi.

contoh alat tes kesuburan untuk menghitung masa subur agar cepat hamil
Harga alat tes masa subur wanita di apotik ataupun online berkisar pada puluhan hingga ratusan ribu rupiah. Ada yang melakukan test air seni / urine / kencing (biasanya sekali pakai) atupun air liur / ludah (biasanya bisa digunakan berkali-kali setelah dibersihkan).

Sahabat nantinya akan mendapatkan hasil uji dengan tanda tertentu, yang menyatakan sedang berada pada masa subur atau tidak. Banyak yang mengatakan bahwa waktu yang paling tepat untuk melakukan tes kesuburan adalah antara pukul 11.00 – 15.00 WIB atau 17.00 – 22.00 WIB. Untuk hasil yang paling akurat, baca dengan seksama dan hati-hati petunjuk cara menggunakan alat tes masa subur pada kemasan, karena setiap alat bisa saja berbeda-beda. Biasanya, sebagaimana diungkap American Pregnancy Association, tiga hari setelah hasil tes positif adalah waktu terbaik bagi pasangan untuk berhubungan seks untuk meningkatkan peluang untuk hamil.

Baca juga artikel 12+2 Ciri Hamil Muda; Tanda Awal Kehamilan untuk mengetahui tanda-tanda kehamilan dini / tanda hamil awal setelah berhubungan hari pertama 1 hari yang pasti di minggu pertama baik dengan tes kehamilan maupun melihat perubahan biologis maupun psikologis calon ibu.

Demikian artikel Ketahui Masa Subur Wanita supaya Cepat Hamil yang memuat 5 cara memprediksi masa subur dari yang paling sederhana sampai yang paling akurat, yaitu dengan kalender, perubahan lendir serviks (keputihan), perubahan suhu basal tubuh, kalkulator masa subur, dan alat test masa subur. Semoga dapat membantu sahabat Hamil Bayi agar cepat hamil ataupun membantu sahabat untuk menjaga jarak kehamilan untuk kehamilan yang sehat dan bayi pintar.

Subscribe to receive free email updates: