Vitamin Prenatal: Cara Agar Cepat Hamil dan Hamil Sehat

Apakah sahabat HamilBayi.Com sedang ingin mencari nama / merk vitamin prahamil dan susu sebelum hamil apa yg bagus untuk program hamil yang mengandung asam folat untuk perencanaan kehamilan atau vitamin e untuk kesuburan wanita agar cepat hamil. Atau juga vitamin hamil yang bagus untuk hamil muda trimester pertama (1-3 bulan kehamilan), trimester 2 (4-6 bulan kehamilan) dan trimester 3 (7 bulan kehamilan sampai persalinan) seperti vitamin hamil folamil genio.

Artikel Pentingnya Vitamin Prenatal: Cara untuk Calon Ibu Ingin Cepat Hamil yang disunting dari BabyCentre ini akan membahas mengenai pentingnya konsumsi vitamin prenatal bagi calon ibu yang sedang ingin hamil, baik mengenai latar belakangnya maupun kandungan vitamin apa saja yang sebaiknya terdapat dalam vitamin prenatal sebagai persiapan sebelum kehamilan.

Pentingnya vitamin prenatal (vitamin sebelum hamil dan selama kehamilan)

Vitamin Prenatal: Cara Agar Cepat Hamil dan Hamil Sehat
Jika sahabat HBC bertanya apakah vitamin sebelum hamil / vitamin untuk program hamil dibutuhkan untuk cepat hamil dan untuk persiapan kehamilan, jawabannya adalah ya. Nama vitamin agar cepat hamil itu disebut dengan suplemen vitamin prahamil.

Vitamin prenatal mutlak dibutuhkan karena memang sulit untuk mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan Ibu dan janin dalam kandungan nantinya, bahkan jika diet yang sahabat lakukan mendekati sempurna dan sahabat makan berbagai makanan yang padat nutrisi seperti daging, produk susu, buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Susu sebelum hamil yg bagus juga diperlukan untuk menyempurnakan pola makan.

Vitamin mempengaruhi kesuburan agar cepat hamil dan untuk menjaga kesehatan kehamilan dan kelancaran persalinan dengan bayi yang sehat normal tanpa kekurangan apapun. Mayoritas wanita mendapatkan manfaat dari mengkonsumsi vitamin prenatal dan suplemen mineral, dan sebaiknya dilakukan sejak sebelum hamil. Anggap saja sebagai polis asuransi untuk memastikan sahabat mendapatkan nutrisi penting tertentu dalam jumlah yang tepat selama hamil.

Konsumsi vitamin prenatal terutama lebih penting lagi bagi perempuan dengan diet tertentu dan pembatasan diet, masalah kesehatan, atau komplikasi kehamilan. Termasuk wanita yang:
  • Vegetarian atau vegan
  • Tidak tahan terhadap laktosa atau memiliki intoleransi makanan lain
  • Merokok atau penyalahgunaan zat lain
  • Memiliki kelainan darah tertentu
  • Memiliki penyakit kronis tertentu
  • Telah menjalani operasi bypass lambung
  • Yang hamil kembar 2 atau lebih

Kandungan suplemen vitamin hamil yang tidak didapatkan dari makanan

Kalau sahabat termasuk fanatik bagi gizi, mungkin sudah melakukan yang cukup baik untuk mendapatkan apa yang dibutuhkan. Tapi dua nutrisi penting, asam folat dan zat besi, selalu termasuk dalam vitamin prenatal karena kebanyakan wanita hamil tidak mendapatkan cukup asam folat dan zat besi dari makanan saja.

Bahkan jika telah makan diet seimbang, suplemen vitamin asam folat untuk perencanaan kehamilan sangat dianjurkan. Karena tubuh memiliki kemampuan yang lebih baik dalam menyerap versi sintetis dari asam folat daripada yang alami yang berasal dari makanan.

Kebanyakan calon ibu tidak mendapatkan cukup mineral zat besi dalam diet yang dilakukan untuk memenuhi peningkatan kebutuhan tubuh selama kehamilan, yang dapat menyebabkan anemia defisiensi besi. Menghindari anemia kekurangan zat besi dapat mengurangi risiko kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, dan kematian bayi.

Cukupnya asupan vitamin B1 dapat mengurangi risiko cacat tabung saraf seperti spina bifida dan anencephaly pada janin sebanyak 50 - 70 %. Asam folat juga dapat mengurangi risiko cacat lainnya, seperti bibir sumbing, langit-langit sumbing, dan cacat jantung tertentu. Mengambil asam folat bahkan dapat menurunkan risiko preeklamsia.

Suplemen vitamin hamil saja tidak cukup

Sebagian besar vitamin prenatal tidak mencukupi kebutuhan zat berikut ini yang sangat diperlukan saat akan hamil dan selama hamil.
  1. Kalsium
    Vitamin ibu hamil mungkin mengandung kalsium, tapi itu tidak akan cukup. Sahabat membutuhkan banyak kalsium untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi bayi yang kuat, serta kesehatan saraf dan otot (termasuk jantung). Kebanyakan vitamin prenatal mengandung antara 100 s/d 200 miligram (mg) kalsium (dan beberapa tidak mengandung kalsium). Itu karena kalsium adalah mineral yang ukurannya besar, sementara pil sudah cukup besar. Sehingga produsen suplemen prenatal tidak mungkin memampatkannya lagi karena akan sulit untuk dikonsumsi.
  2. Asam Lemak Esensial
    Vitamin untuk ibu hamil tidak mengandung asam lemak esensial, seperti asam lemak omega-3 DHA dan EPA, yang penting untuk perkembangan otak, saraf, dan jaringan mata bayi. Ikan merupakan sumber utama DHA dan EPA, tetapi Anda harus berhati-hati untuk tidak makan terlalu banyak ikan yang tinggi merkuri sebelum maupun saat hamil. Karena omega-3 sangat penting untuk bayi Anda, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau bidan apakah sahabat membutuhkan suplemen tersebut.
  3. Vitamin D
    Vitamin D juga salah satu yang terkadang tidak terkandung dalam vitamin untuk kesehatan ibu hamil. Tubuh membutuhkan vitamin D yang dapat larut dalam lemak untuk membantu membangun tulang dan gigi bayi. Vitamin D berperan penting dalam menjaga kadar kalsium dan fosfor. Kurang vitamin D selama hamil dapat menyebabkan kekurangan vitamin ini pada bayi saat lahir, yang dapat meningkatkan risiko rakhitis (yang dapat menyebabkan patah tulang dan deformitas), pertumbuhan tulang tidak normal, dan tertunda pembangunan fisik pada anak. Kekurangan vitamin D juga meningkatkan risiko preeklamsia dan membutuhkan operasi caesar.

Selain Kalsium, Asam Lemak Esensial dan Vitamin D, terdapat juga vitamin penting lain yaitu vitamin A. Vitamin ini sebenarnya banyak terdapat pada makanan, namun seringkali tidak cukup hanya dari makan saja. Sementara kekurangan vitamin A dapat mengakibatkan terjadinya gangguan penglihatan (seperti rabun ayam, xeroftalmia , xerosis konjungtiva, xerosis kornea, keratomalasia, xeroftalmia scars, dan bahkan kebutaan permanen), menurunkan fungsi kekebalan tubuh sehingga rentan terhadap infeksi saluran pernafasan atas, campak dan diare. Jika kekurangan vitamin A terjadi pada ibu hamil, maka resiko kebutaan pada bayi akan meningkat. Untuk itu konsultasikan dengan dokter mengenai suplemen vitamin A untuk sahabat. mengenai vitamin A, baca lebih jauh pada artikel Hal Penting seputar Vitamin A

Cara memilih suplemen vitamin hamil yang bagus



Sayangnya, tidak ada standar mengenai apa yang harus terdapat dalam suplemen vitamin dan mineral. Itu berarti itu terserah sahabat dan dokter dalam memilih salah satu yang aman dan tepat. Pada pemeriksaan prenatal pertama atau kunjungan sebelum hamil, dokter mungkin akan menyarankan untuk mulai minum vitamin prenatal, baik resep maupun nama / merk vitamin agar cepat hamil yang dijual bebas. Pastikan sahabat tidak minum vitamin atau suplemen mineral lain bersamaan dengan suplemen prenatal kecuali dengan saran dokter.

Jika sahabat bertanya vitamin asam folat merk apa yang bagus, atau merk vitamin e untuk kesuburan wanita apa yang terbaik, jawabannya semua merk sama saja. Karena vitamin mahal pun tidak akan menjamin sahabat dapat cepat hamil ataupun memiliki kehamilan yang sehat, tapi kandungan assam folat lah yang melakukan itu.

Suplemen yang baik memberikan nutrisi tertentu (seperti asam folat dan zat besi) yang mungkin tidak bisa didapatkan hanya dari makanan dan minuman. Tetapi juga menyediakan nutrisi lain tidak lebih dari jumlah yang direkomendasikan, karena dapat berbahaya bagi bayi jika dikonsumsi terlalu banyak - terutama vitamin A.

Vitamin A yang berasal dari produk hewani dapat menyebabkan cacat lahir ketika dikonsumsi dalam dosis tinggi. Itu sebabnya vitamin A di sebagian besar vitamin prenatal (setidaknya sebagian) dalam bentuk beta-karoten. Beta-karoten adalah nutrisi yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran yang diubah tubuh menjadi vitamin A. Tidak seperti vitamin A dari produk hewani, beta-karoten dianggap aman bahkan dalam dosis tinggi.

Bagaimana jika keliru mengkonsumsi 2 vitamin prenatal

Jangan khawatir, konsumsi vitamin lebih dari jumlah yang direkomendasikan jika hanya terjadi pada satu hari tidak akan berbahaya bagi sahabat maupun calon bayi. Namun tetap teliti dalam mengkonsumsi vitamin karena melebihi dosis lebih sering dapat berbahaya, jadi penting untuk tidak membuat kebiasaan. Jika untuk beberapa alasan dokter menyarankan sahabat untuk mengkonsumsi lebih banyak nutrisi tertentu (besi atau kalsium, misalnya) daripada yang terkandung pada vitamin prenatal, sebaiknya pilih yang terpisah sehingga tidak salah atau bingung nantinya.

Bentuk vitamin dan suplemen mineral prenatal



Bentuk vitamin dan suplemen mineral prenatal cenderung cukup besar, karena itu sebagian wanita mengalami kesulitan untuk menelannya, terutama ketika ibu hamil sedang mual. Jika sahabat mengalaminya, dokter mungkin dapat meresepkan pil kecil atau dengan lapisan licin yang membuatnya lebih mudah untuk dimakan. (pil tanpa kalsium cenderung lebih kecil, dan sahabat bisa mendapatkan kalsium dengan cara lain).

Vitamin prenatal kunyah juga tersedia. Bahkan ada suplemen kehamilan bubuk yang bercampur dengan air. Jadi jika sahabat tidak menyukai satu bentuk, terus mencoba sampai menemukan suplemen prenatal yang cocok.

Mual, Muntah / Sembelit / Konstipasi setelah Minum Vitamin Prenatal

Jika minum suplemen zat besi lebih dari yang dianjurkan (30 mg), mungkin mengganggu saluran pencernaan dan dapat menyebabkan konstipasi (banyak terjadi), mual (jarang terjadi) atau diare (jarang sekali terjadi). (Suplemen yang mengandung zat besi 30 mg atau kurang mungkin tidak akan menyebabkan masalah).

Jika zat besi tampaknya mengganggu pencernaan, konsultasikan dengan dokter mengenai hal itu. Jika sahabat tidak anemia, mungkin bisa menggunakan vitamin prenatal dengan zat besi kadar rendah. Atau, cobalah minum jus plum, makan 2-3 porsi buah per hari, atau menggunakan suplemen serat psyllium untuk membantu pencernaan tetap teratur. Sementara untuk menghindari mual, cobalah minum vitamin dan suplemen saat akan tidur. Dokter juga dapat merekomendasikan untuk minum pil setelah makan karena biasanya saat perut penuh mual jarang terjadi.

Demikian artikel Vitamin Prenatal: Cara Agar Cepat Hamil dan Hamil Sehat. Semoga menambah pengetahuan dan dapat membantu sahabat calon ibu maupun yang akan segera hamil untuk mendapatkan kehamilan yang sehat dan persalinan yang lancar sebagaimana diharapkan oleh semua.

Subscribe to receive free email updates: