Cara Menyusui Bayi Baru Lahir yang Baik dan Benar

Artikel HamilBayi.Com berjudul Cara Terbaik Menyusui Bayi baru lahir yang baik dan benar ini akan memuat tentang cara menyusui bayi baru lahir, bayi besar, atau bayi kembar yang baik dan benar dengan posisi sambil tidur, duduk, maupun setengah berbaring dengan bantuan suami ataupun sendiri. Secara jelas termuat dalam pembahasan Hal penting untuk ibu menyusui bayi bayi baru lahir, Posisi & pelekatan yang tepat ketika menyusui, Posisi Ibu yang tepat ketika menyusui bayi dengan ASI, Manfaat pelekatan yang baik ketika ibu menyusui bayi, Manfaat isapan bayi yang baik bagi ibu dan bayi, dan Tanda-tanda isapan bayi yang baik.

Cara Menyusui Bayi Baru Lahir yang Baik dan Benar
Cara Menyusui Bayi Baru Lahir yang Baik dan Benar | Image © pixabay

Hal penting untuk ibu menyusui bayi bayi baru lahir

Sebelum menyusui, ibu harus mencuci tangan dengan sabun & air bersih yang mengalir. Kebersihan menjaga kemungkinan bayi terinfeksi oleh virus maupun bakteri yang berasal dari luar.

Guna memastikan bayi cukup asi, berikan ASI pada bayi sesering mungkin sebagaimana yang bayi inginkan (minimal 8 kali sehari). Selain itu, bangunkan dan susui jika si kecil tidur lebih dari 3 jam. Ibu juga harus menyusui bayi dengan ASI sampai payudara terasa kosong, baru kemudian pindah ke payudara sisi yang lain. Dan jika bayi sudah kenyang namun payudara masih terasa penuh / kencang, perah ASI untuk disimpan agar payudara terus memproduksi ASI.

Posisi & pelekatan yang tepat ketika menyusui

  • Pastikan posisi ibu berada dalam posisi ternyaman
  • Kepala & badan bayi sebaiknya sejajar lurus agar bayi juga merasa nyaman
  • Wajah bayi menghadap payudara, dan hidung berhadapan dengan puting.
  • Ibu harus memeluk badan bayi sedekat mungkin.
  • Pada bayi baru lahir sampai dengan sekitar usia 6 bulan, Ibu harus menyangga seluruh tubuh bayi terutama bagian kepala sampai dengan paha.
  • Pastikan bahwa sebagian besar areola (bagian hitam disekitar puting) telah masuk ke dalam mulut bayi saat menyusui.
  • Ibu harus membantu bayi agar mulut bayi terbuka lebar dengan bibir bawah melengkung ke luar, & dagu bersandar pada payudara ibu.

Posisi Ibu yang tepat ketika menyusui bayi dengan ASI

  • Ibu harus mencari posisi duduk dengan nyaman dan santai, serta menatap bayi untuk memperlihatkan kasih sayang ibu kepada bayi. Punggung ibu haruslah bersandar pada sesuatu yang tetap & kaki juga tidak menggantung.
  • Hadapkan seluruh tubuh bayi ke perut ibu. Perut bayi menempel pada badan ibu, dengan telinga & lengan bayi lurus.
  • Posisi kepala & badan bayi haruslah berada dalam garis lurus. Dimana seluruh badan bayi ditopang dengan dipeluk erat menempel tubuh ibu, dan bayi dekat dengan payudara serta hidung berhadapan dengan puting.
  • Jika usia bayi sudah cukup, letakkan kepala bayi pada lengan tangan ibu & bokong bayi di atas pangkuan ibu.
  • Jika ibu dikaruniai bayi kembar, kedua bayi dapat disusui secara bersamaan dengan posisi menyilang atau disangga di bawah ketiak ibu.
  • Jika ibu menyusui sambil berbaring dengan nyaman & santai, punggung harus disangga dengan bantal, terlihat tanda bonding. Dimana posisi tubuh ibu miring menghadap bayi.

Manfaat pelekatan yang baik Ketika ibu menyusui bayi

  1. Memastikan bayi mengisap asi dari payudara ibu dengan baik
  2. Membantu memperbanyak dan melancarkan produksi ASI Ibu untuk mencukupi kebutuhan bayi
  3. Mengurangi kemungkinan puting sakit & retak
  4. Membuat proses menyusui lebih nyaman baik pada ibu maupun bayi

Manfaat isapan bayi yang baik bagi ibu dan bayi

  1. Isapan yang efektif membantu produksi asi yang dihasilkan lebih banyak dan lebih berkualitas
  2. Memastikan bayi merangsang produksi asi pada kedua payudara
  3. Memastikan bayi mendapat asupan asi yang paling bergizi dan merasa kenyang

Tanda / Ciri-Ciri bayi menghisap ASI dengan baik

  • Bayi mengisap asi secara perlahan namun dalam, dan terkadang berhenti (akan terdengar suara bayi menelan asi setelah satu-dua isapan, dan isapan itu tidak membuat ibu kesakitan)
  • Pipi bayi membulat dan mengempis sewaktu mengisap asi
  • Setelah bayi selesai menyusu dan melepaskan puting susu, ia akan terlihat puas & rileks. Sementara ibu akan merasakan payudara yang lembut dan kosong.
  • Ibu merasakan tanda-tanda refleks oksitosin (payudara yang tidak diisap terasa keluar ASInya)

Demikianlah artikel HamilBayi.Com bertajuk Cara Terbaik Menyusui Bayi baru lahir yang baik dan benar ini yang memuat tentang Hal penting untuk ibu menyusui bayi bayi baru lahir, Posisi & pelekatan yang tepat ketika menyusui, Posisi Ibu yang tepat ketika menyusui bayi dengan ASI, Manfaat pelekatan yang baik ketika ibu menyusui bayi, Manfaat isapan bayi yang baik bagi ibu dan bayi, dan Tanda-tanda isapan bayi yang baik. Semoga dapat menambah pengetahuan kita semua dan membantu sahabat HamilBayi.Com yang baru saja mendapatkan berkah dengan menjadi seorang ibu.

Subscribe to receive free email updates: