Penting! Jaga Kesehatan Ginjal Anak Sejak Dini

Beberapa penyakit katastropik (penyakit berbiaya tinggi dan jika terjadi komplikasi membahayakan jiwa seperti penyakit jantung, kanker, saraf, hemofilia, diabetes militus, dan penyakit ginjal) penting untuk dilakukan tindakan preventif (pencegahan). Karena jika sudah terkena penyakit ini sahabat HamilBayi.Com mau tidak mau harus mengeluarkan uang untuk biaya pengobatan yang besar. Seperti jika menderita penyakit ginjal, belum ada obat penyakit ginjal yang dapat menyembuhkan penyakit ginjal sampai sembuh total. Untuk terhindar dari kematian harus melakukan cuci darah (hemodialysis) secara teratur (biasanya 1 s/d 3 kali seminggu) dan terus menerus sepanjang hidup sampai mendapatkan ginjal baru yang cocok dan dilakukan operasi pencangkokan ginjal.

Jaga Kesehatan Mencegah Penyakit Gagal batu Ginjal Anak Sejak Dini
Artikel HamilBayi.Com berjudul Jaga Kesehatan Ginjal Anak Sejak Dini ini akan mengulas mengenai bagaimana orang tua sejak dini dapat melakukan beberapa cara untuk mencegah anak beserta orang tua dari penyakit ginjal.

Pola hidup yang buruk disebut sebagai penyebab macam-macam (jenis jenis) penyakit ginjal diantaranya adalah penyakit gagal ginjal dan penyakit batu ginjal. Menurut Ketua Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI), dr Dhairmeizar, SpPD-KGH, sebagaimana dimuat DetikHealth, para orang tua harus merubah pola hidupnya guna menjaga kesehatan ginjal dirinya beserta dengan anak-anak. Karena pola hidup anak mengikuti kebiasaan hidup orang tuanya, pun kesehatan anak bergantung pada orang tua. Orang tua harus memberi contoh baik dengan menjalani pola hidup sehat agar anak hidup sehat. Orang tua harus melakukan hal berikut guna menjaga kesehatan ginjal orang tua sekaligus juga anak.



  • Hindari minum minuman bersoda terlebih minuman beralkohol
  • Perbanyak minum air putih minimal 8 gelas/hari
  • Buang kebiasaan gaya hidup buruk karena malas seperti pola makan buruk dengan sering mengkonsumsi makanan tak sehat (fast food) karena tak sempat memasak
  • Kurangi asupan garam dan lemak berlebihan.
  • Konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang yang mencukupi kebutuhan tubuh untuk menjalani aktivitas keseharian.
  • Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran
  • Kurangi aktivitas pasif di dalam rumah seperti menonton tv, bermain Games, dan lainnya.
  • Berolahraga minimal 30 menit dan dilakukan secara rutin 4-5 kali seminggu untuk menjaga berat badan tetap ideal dan terkontrol.
  • Kurangi atau berhenti merokok karena mengganggu metabolisme tubuh dan merusak kesehatan.
Terima kasih telah membaca artikel bertajuk Jaga Kesehatan Ginjal Anak Sejak Dini yang mengulas mengenai bagaimana orang tua sejak dini dapat melakukan beberapa cara untuk mencegah anak beserta orang tua dari penyakit ginjal. Semoga dapat membantu Sahabat HamilBayi.Com untuk senantiasa sehat. Tulis komentar dibawah jika ada yang ingin disampaikan, dan bagikan artikel ini ke media sosial jika dirasa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: