Depresi : Fakta Kunci, Penyebab, Jenis, Gejala dan Pengobatan - HamilBayi.Com | Hamil Sehat Bayi Pintar Depresi : Fakta Kunci, Penyebab, Jenis, Gejala dan Pengobatan

Depresi : Fakta Kunci, Penyebab, Jenis, Gejala dan Pengobatan

Apa Sahabat sedang googling makalah macam macam gejala, jenis dan penyebab depresi akut pengobatan mengatasi depresi berat maupun ringan? Artikel HamilBayi.com bertajuk Depresi : Fakta Kunci, Penyebab, Jenis, Gejala dan Pengobatan yang bersumber dari situs WHO https://www.who.int/mediacentre/factsheets/fs369/en/ ini akan membahas mengenai Fakta-fakta kunci Depresi, Jenis dan Gejala Depresi, faktor yang berkontribusi terhadap Depresi dan pencegahannya, Diagnosis dan pengobatan Depresi, serta Respon Dunia terhadap Depresi.

Depresi adalah penyakit umum di seluruh dunia, dengan perkiraan 350 juta orang terkena dampak. Depresi berbeda dari fluktuasi suasana hati yang biasa dan tanggapan emosional singkat untuk tantangan dalam kehidupan sehari-hari. Terutama ketika tahan lama dan dengan intensitas sedang atau berat, depresi dapat menjadi kondisi kesehatan yang serius. Hal ini dapat menyebabkan orang yang terkena sangat menderita dan berfungsi buruk di tempat kerja, di sekolah dan di keluarga. Yang paling buruk, depresi dapat menyebabkan bunuh diri. Lebih dari 800 000 orang meninggal karena bunuh diri setiap tahun. Bunuh diri adalah penyebab utama kedua kematian di rentang usia 15-29 tahun.

Depresi
Depresi : Fakta Kunci, Penyebab, Jenis, Gejala dan Pengobatan
Meskipun telah terdapat pengobatan yang efektif untuk depresi, kurang dari setengah dari mereka yang terkena dampak depresi di dunia (di banyak negara, kurang dari 10%) menerima perawatan tersebut. Hambatan untuk perawatan yang efektif termasuk kurangnya sumber daya, kurangnya penyedia layanan kesehatan yang terlatih, dan stigma sosial yang terkait dengan gangguan mental. penghalang lain untuk perawatan yang efektif adalah penilaian tidak akurat. Di negara-negara dari semua tingkat pendapatan, orang yang mengalami depresi sering tidak didiagnosis dengan benar, dan orang lain yang tidak memiliki gangguan terlalu sering salah didiagnosis dan diresepkan antidepresan.
Beban depresi dan kondisi kesehatan mental lainnya terus meningkat secara global. Resolusi World Health Assembly melewati Mei 2013 telah menyerukan komprehensif, respon terkoordinasi untuk gangguan mental di tingkat negara.

Fakta-fakta kunci Depresi

Berikut ini adalah Fakta-fakta kunci Depresi menurut WHO:
  1. Depresi adalah gangguan mental yang umum. Secara global, diperkirakan 350 juta orang dari segala usia menderita depresi.
  2. Depresi adalah penyebab utama kecacatan di seluruh dunia, dan merupakan penyumbang utama untuk beban global penyakit secara keseluruhan.
  3. Banyak perempuan yang terkena depresi dibandingkan laki-laki.
  4. Yang paling buruk, depresi dapat menyebabkan bunuh diri.
  5. Ada pengobatan yang efektif untuk depresi.

Jenis dan Gejala Depresi

Tergantung pada jumlah dan tingkat keparahan gejala, episode depresi dapat dikategorikan sebagai ringan, sedang, atau berat.

Pembedaan kunci juga dibuat antara depresi pada orang yang memiliki atau tidak memiliki riwayat episode manik. Kedua jenis depresi dapat menjadi kronis (yaitu selama jangka waktu) dengan kambuh, terutama jika mereka tidak diobati.

Gangguan depresi berulang: gangguan ini melibatkan mengulangi episode depresi. Selama episode ini, orang mengalami perasaan depresi, kehilangan minat dan kenikmatan, dan mengurangi energi yang mengarah ke aktivitas berkurang setidaknya dua minggu. Banyak orang dengan depresi juga menderita gejala kecemasan, susah tidur dan nafsu makan dan mungkin memiliki perasaan bersalah atau rendah diri, konsentrasi yang buruk dan bahkan gejala medis dijelaskan.

Tergantung pada jumlah dan tingkat keparahan gejala, episode depresi dapat dikategorikan sebagai ringan, sedang, atau berat. Seorang individu dengan episode depresi ringan akan memiliki beberapa kesulitan dalam melanjutkan dengan pekerjaan biasa dan kegiatan sosial, tetapi mungkin tidak akan berhenti berfungsi sepenuhnya. Selama episode depresi berat, sangat tidak mungkin bahwa penderita akan dapat melanjutkan sosial, pekerjaan, atau kegiatan domestik, kecuali sampai batas yang sangat terbatas.

Gangguan afektif bipolar: jenis depresi biasanya terdiri dari kedua episode manik dan depresi dipisahkan oleh periode suasana hati yang normal. Episode manik melibatkan peningkatan atau suasana hati mudah marah, lebih-aktivitas, tekanan berbicara, meningkat harga diri dan penurunan kebutuhan untuk tidur.

faktor yang berkontribusi terhadap Depresi dan pencegahannya


Depresi hasil dari interaksi yang kompleks dari faktor-faktor sosial, psikologis dan biologis. Orang-orang yang telah melalui efek samping kehidupan (pengangguran, kematian, trauma psikologis) lebih mungkin untuk mengembangkan depresi.Depresi dapat, pada gilirannya, menyebabkan lebih banyak stres dan disfungsi dan memperburuk situasi kehidupan orang yang terkena dan depresi itu sendiri.

Ada hubungan timbal balik antara depresi dan kesehatan fisik. Misalnya, penyakit kardiovaskular dapat menyebabkan depresi dan sebaliknya. Program pencegahan telah terbukti mengurangi depresi. masyarakat yang efektif pendekatan untuk mencegah depresi termasuk program berbasis sekolah untuk meningkatkan pola berpikir positif pada anak-anak dan remaja. Intervensi untuk orang tua dari anak-anak dengan masalah perilaku dapat mengurangi gejala depresi orangtua dan meningkatkan hasil bagi anak-anak mereka. program latihan untuk orang tua juga dapat efektif dalam pencegahan depresi.
depresi ringan 2029, gejala depresi akut 2026, mengatasi depresi 2022, makalah depresi depresi berat 2019, pengobatan depresi 2021, penyebab depresi 2023, macam macam depresi 2018 2020 2024 2025 2027 2028

Diagnosis dan pengobatan Depresi

Ada pengobatan yang efektif untuk depresi sedang dan berat. Penyedia layanan kesehatan dapat menawarkan perawatan psikologis (seperti aktivasi perilaku, terapi perilaku kognitif [CBT], dan psikoterapi interpersonal yang [IPT]) atau obat antidepresan (seperti selective serotonin reuptake [SSRI] dan antidepresan trisiklik [TCA]). Penyedia layanan kesehatan harus diingat efek samping yang mungkin terkait dengan obat antidepresan, kemampuan untuk memberikan intervensi baik (dalam hal keahlian, dan atau ketersediaan / pengobatan), dan preferensi individu.Berbeda format perawatan psikologis untuk dipertimbangkan termasuk individu dan / atau kelompok tatap muka perawatan psikologis disampaikan oleh para profesional dan terapis awam diawasi.

Perawatan psikososial juga efektif untuk depresi ringan. Antidepresan dapat menjadi bentuk perawatan yang efektif untuk depresi sedang-berat tetapi tidak baris pertama pengobatan untuk kasus depresi ringan. Mereka tidak boleh digunakan untuk mengobati depresi pada anak-anak dan tidak baris pertama pengobatan pada remaja, di antaranya mereka harus digunakan dengan hati-hati.

  1. Baca Juga:
    Semua tentang Hari Kesehatan Mental Sedunia yang Wajib Diketahui

  2. Fakta-fakta dan Faktor Penentu Kesehatan Mental

  3. Fakta Seputar Bunuh Diri yang Wajib Kamu Tau!

  4. Fakta Gangguan Mental yang Wajib Kamu Tau!

  5. Fakta Penting Kesehatan Mental dalam Keadaan Darurat

  6. Fakta Kunci Kesehatan Jiwa Orang Dewasa


Respon Dunia terhadap Depresi

Depresi adalah salah satu kondisi prioritas ditutupi oleh Program Aksi Mental Health Gap WHO (mhGAP). Program ini bertujuan untuk membantu negara-negara meningkatkan pelayanan bagi orang-orang dengan gangguan penggunaan mental, neurologis dan substansi, melalui perawatan yang diberikan oleh petugas kesehatan yang tidak spesialis kesehatan mental. Program menegaskan bahwa dengan perawatan yang tepat, bantuan psikososial dan obat-obatan, puluhan juta orang dengan gangguan mental, termasuk depresi, bisa mulai menjalani kehidupan normal - bahkan di mana sumber daya yang langka.

Sampai disini artikel HamilBayi.com bertajuk Depresi : Fakta Kunci, Penyebab, Jenis, Gejala dan Pengobatan ini yang telah mengulas Fakta-fakta kunci Depresi, Jenis dan Gejala Depresi, faktor yang berkontribusi terhadap Depresi dan pencegahannya, Diagnosis dan pengobatan Depresi, serta Respon Dunia terhadap Depresi. Semoga bermanfaat untuk Sahabat sedang googling makalah macam macam gejala, jenis dan penyebab depresi akut pengobatan mengatasi depresi berat maupun ringan.

Ungkap pendapat Sahabat di kolom tersedia dan bagikan link makalah ini ke jejaring sosial!

Subscribe to receive free email updates: