Fakta Kunci Kesehatan Jiwa Orang Dewasa - HamilBayi.Com | Hamil Sehat Bayi Pintar Fakta Kunci Kesehatan Jiwa Orang Dewasa

Fakta Kunci Kesehatan Jiwa Orang Dewasa

Mungkin yang sahabat cari adalah buku jurnal psikologi antropologi pdf tentang kumpulan contoh pengertian, penyebab masalah, indikator permasalahan yang mempengaruhi upaya peranan guru dalam meningkatkan anak di indonesia.

Artikel HamilBayi.com bertajuk Fakta Kunci Kesehatan Jiwa Orang Dewasa yang bersumber dari situs Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization (WHO)) https://www.who.int/mediacentre/factsheets/fs381/en/ ini akan membahas mengenai Fakta Kunci Kesehatan Jiwa Orang Dewasa, faktor risiko masalah kesehatan mental di kalangan orang dewasa yang lebih tua, demensia dan depresi di kalangan orang tua sebagai masalah kesehatan masyarakat, dan respon dunia terhadap kesehatan mental di kalangan orang dewasa yang lebih tua.

Fakta Kunci Kesehatan Jiwa Orang Dewasa
Fakta Kunci Kesehatan Jiwa Orang Dewasa
Populasi dunia mengalami penuaan yang cepat. Antara 2015 dan 2050, proporsi orang dewasa di dunia diperkirakan hampir dua kali lipat dari sekitar 12% menjadi 22%. Secara absolut, ini merupakan peningkatan yang diharapkan 900.000.000-2000000000 orang yang berusia di atas 60. Orang-orang tua menghadapi tantangan kesehatan fisik dan mental khusus yang harus diakui.
Lebih dari 20% dari orang dewasa berusia 60 dan lebih menderita gangguan mental atau neurologis (tidak termasuk gangguan sakit kepala) dan 6,6% dari semua cacat (disability adjusted life tahun-DALYs) antara lebih dari 60-an dikaitkan dengan gangguan neurologis dan mental. gangguan ini di akun populasi lansia untuk 17,4% dari tahun Tinggal dengan Cacat (YLDs). The gangguan neuropsikiatrik yang paling umum dalam kelompok usia ini adalah demensia dan depresi. Gangguan kecemasan mempengaruhi 3,8% dari populasi lansia, masalah penggunaan narkoba mempengaruhi hampir 1% dan sekitar seperempat dari kematian akibat merugikan diri di antara mereka yang berusia 60 atau di atas. Masalah penyalahgunaan zat di kalangan orang tua sering diabaikan atau salah didiagnosis. Masalah kesehatan mental ini harus diidentifikasi oleh para profesional perawatan kesehatan dan orang tua sendiri, dan mengalami hambatan berupa stigma penyakit mental yang membuat orang enggan untuk mencari bantuan.

Fakta Kunci Kesehatan Jiwa Orang Dewasa


Berikut ini ialah Fakta Kunci Kesehatan Jiwa Orang Dewasa:
  1. Secara global, populasi menua dengan cepat. Antara tahun 2015 dengan 2050, proporsi penduduk dunia yang berusia lebih dari 60 tahun akan meningkat hampir 2 kali lipat, dari 12 persen menjadi 22 persen.
  2. Kesehatan mental dan kesejahteraan emosional semakin penting dalam usia yang lebih tua seperti pada waktu lainnya dalam kehidupan.
  3. Gangguan neuropsikiatri antara orang dewasa yang lebih tua terhitung sebesar 6,6% dari total cacat untuk kelompok usia ini.
  4. Gangguan mental diderita oleh sekitar 15% dari orang dewasa berusia 60 dan lebih. Mereka yang berusia 60 atau lebih, memiliki kontribusi penting untuk masyarakat sebagai anggota keluarga, relawan dan peserta aktif dalam angkatan kerja. Sementara sebagian besar memiliki kesehatan mental yang baik, banyak orang dewasa yang lebih tua berisiko mengalami gangguan mental, gangguan neurologis atau masalah penggunaan zat serta kondisi kesehatan lainnya seperti diabetes, gangguan pendengaran, dan osteoarthritis. Selain itu, karena usianya, mereka lebih mungkin mengalami beberapa kondisi pada waktu yang sama.

Faktor Risiko Masalah Kesehatan Mental di Kalangan Orang Dewasa yang Lebih Tua

Beberapa faktor sosial, psikologis, dan biologis menentukan tingkat kesehatan mental seseorang pada setiap titik waktu. Serta stres kehidupan khas umum untuk semua orang, banyak orang dewasa yang lebih tua kehilangan kemampuan mereka untuk hidup mandiri karena mobilitas terbatas, nyeri kronis, kelemahan atau masalah mental atau fisik lainnya, dan memerlukan beberapa bentuk perawatan jangka panjang. Selain itu, orang tua lebih mungkin untuk mengalami peristiwa seperti berkabung, penurunan status sosial ekonomi dengan pensiun, atau cacat. Semua faktor ini dapat menyebabkan isolasi, hilangnya kemerdekaan, kesepian dan tekanan psikologis pada orang tua.

kesehatan mental memiliki dampak pada kesehatan fisik dan sebaliknya. Misalnya, orang dewasa yang lebih tua dengan kondisi kesehatan fisik seperti penyakit jantung memiliki tingkat lebih tinggi dari depresi dibandingkan mereka yang secara medis dengan baik. Sebaliknya, depresi yang tidak diobati pada orang yang lebih tua dengan penyakit jantung negatif dapat mempengaruhi hasil penyakit fisik.

orang dewasa yang lebih tua juga rentan terhadap penyalahgunaan tua - termasuk fisik, seksual, psikologis, emosional, keuangan dan penyalahgunaan bahan; ditinggalkan; mengabaikan; dan kerugian serius martabat dan rasa hormat. Bukti saat ini menunjukkan bahwa orang 1 dari 10 anak mengalami pelecehan tua. melanggar tua dapat menyebabkan tidak hanya untuk luka fisik, tetapi juga untuk serius, kadang-kadang tahan lama konsekuensi psikologis, termasuk depresi dan kecemasan.

Demensia dan Depresi di Kalangan Orang Tua sebagai Masalah Kesehatan Masyarakat

Demensia dan Depresi di Kalangan Orang Tua telah menjadi Masalah Kesehatan Masyarakat yang perlu diperhatikan karena kuantitasnya yang mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Demensia di Kalangan Orang Tua

Demensia adalah sindrom di mana ada penurunan memori, berpikir, perilaku dan kemampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Ini terutama mempengaruhi orang-orang yang lebih tua, meskipun bukan merupakan bagian normal dari penuaan. Diperkirakan 47,5 juta orang di seluruh dunia hidup dengan demensia. Jumlah total penderita demensia diproyeksikan meningkat menjadi 75,6 juta pada tahun 2030 dan 135.500.000 pada tahun 2050, dengan mayoritas penderita yang tinggal di negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Ada isu-isu sosial dan ekonomi yang signifikan dalam hal biaya langsung perawatan medis, sosial dan informal terkait dengan demensia. Selain itu,, tekanan emosional dan ekonomi fisik dapat menyebabkan stres yang besar untuk keluarga. Dukungan yang dibutuhkan dari kesehatan,, sistem sosial keuangan dan hukum bagi kedua orang dengan demensia dan pengasuh mereka.

Depresi di Kalangan Orang Tua

Depresi dapat menyebabkan penderitaan besar dan mengarah ke fungsi gangguan dalam kehidupan sehari-hari. depresi unipolar terjadi pada 7% dari populasi umum tua dan menyumbang 5,7% dari YLDs antara usia lebih dari 60 tahun. Depresi baik kurang terdiagnosis dan dalam pengaturan perawatan primer. Gejala depresi pada orang dewasa yang lebih tua sering diabaikan dan tidak diobati karena mereka bertepatan dengan masalah-masalah lain yang dihadapi oleh orang dewasa yang lebih tua.

orang dewasa yang lebih tua dengan gejala depresi memiliki fungsi yang lebih buruk dibandingkan dengan mereka dengan kondisi medis kronis seperti penyakit paru-paru, hipertensi atau diabetes. Depresi juga meningkatkan persepsi kesehatan yang buruk, pemanfaatan pelayanan medis dan biaya perawatan kesehatan.
. artikel kesehatan jiwa Indonesia 2018 internasional 2019. buku kesehatan mental pdf 2020. contoh kesehatan mental 2021. Fakta Kunci Kesehatan Jiwa Orang Dewasa 2022. faktor yang mempengaruhi kesehatan mental pdf 2023. indikator kesehatan jiwa 2024. jurnal tentang kesehatan mental 2025. Kesehatan Jiwa Orang Dewasa 2026. Kesehatan mental Orang Dewasa 2027. kumpulan jurnal psikologi kesehatan mental 2028. masalah kesehatan jiwa 2029. pengertian kesehatan mental pdf 2030. penyebab masalah kesehatan jiwa 2031. peranan guru dalam meningkatkan kesehatan mental anak 2032. kesehatan jiwa alodokter 2033. permasalahan kesehatan mental di indonesia 2034. upaya kesehatan jiwa adalah 2035. antropologi kesehatan jiwa adalah 2036. jurnal kesehatan mental pdf 2037

Strategi Pengobatan dan Perawatana

Hal ini penting untuk mempersiapkan penyedia kesehatan dan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan spesifik dari populasi yang lebih tua, termasuk:
  • pelatihan bagi para profesional kesehatan dalam perawatan untuk orang tua;
  • mencegah dan menangani penyakit kronis terkait usia termasuk mental, gangguan saraf dan penggunaan narkoba;
  • merancang kebijakan berkelanjutan jangka panjang dan perawatan paliatif; dan
  • mengembangkan layanan yang ramah usia dan pengaturan.
  • Promosi kesehatan
  • Kesehatan mental orang dewasa yang lebih tua dapat ditingkatkan melalui promosi Aktif dan Sehat Penuaan. promosi kesehatan-kesehatan tertentu Mental untuk orang dewasa yang lebih tua melibatkan menciptakan kondisi kehidupan dan lingkungan yang mendukung kesejahteraan dan memungkinkan orang untuk memimpin gaya hidup sehat dan terintegrasi. Mempromosikan kesehatan mental tergantung pada strategi yang menjamin orang tua memiliki sumber daya yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka, seperti:
  • memberikan keamanan dan kebebasan;
  • perumahan yang layak melalui kebijakan perumahan mendukung;
  • dukungan sosial bagi populasi yang lebih tua dan pengasuh mereka;
  • program kesehatan dan sosial yang ditargetkan pada kelompok rentan seperti orang-orang yang hidup sendiri dan penduduk pedesaan atau yang menderita penyakit mental atau fisik kronis atau kekambuhan;
  • program untuk mencegah dan menangani pelecehan tua; dan
  • program pengembangan masyarakat.

Intervensi terhadap Demensia

Pengakuan dan pengobatan gangguan mental, gangguan neurologis dan penggunaan narkoba pada orang dewasa yang lebih tua sangat penting. Baik intervensi psikososial dan obat-obatan yang dianjurkan. Tidak ada obat saat ini tersedia untuk menyembuhkan demensia, tetapi banyak yang dapat dilakukan untuk mendukung dan meningkatkan kehidupan penderita demensia dan pengasuh dan keluarga mereka, seperti:
  • diagnosis dini, dalam rangka untuk mempromosikan manajemen awal dan optimal;
  • mengoptimalkan kesehatan fisik dan psikologis dan kesejahteraan;
  • mengidentifikasi dan mengobati penyakit fisik yang menyertainya;
  • mendeteksi dan mengelola menantang gejala perilaku dan psikologis; dan
  • memberikan informasi dan jangka panjang dukungan untuk pengasuh.

Perawatan Kesehatan Mental di Masyarakat

Baik kesehatan umum dan perawatan sosial penting untuk meningkatkan kesehatan orang tua, mencegah penyakit dan mengelola penyakit kronis. Pelatihan semua penyedia layanan kesehatan dalam bekerja dengan isu-isu dan gangguan yang berhubungan dengan penuaan itu penting. Efektif, tingkat masyarakat perawatan kesehatan mental primer untuk orang tua sangat penting. Hal ini sama pentingnya untuk fokus pada perawatan jangka panjang orang dewasa yang lebih tua yang menderita gangguan mental, serta untuk menyediakan pengasuh dengan pendidikan, pelatihan dan dukungan.

Lingkungan legislatif dan mendukung didasarkan pada standar yang diterima secara internasional hak asasi manusia diperlukan untuk memastikan kualitas tertinggi layanan untuk orang dengan penyakit mental dan pengasuh mereka.

  1. Baca Juga:
    Semua tentang Hari Kesehatan Mental Sedunia yang Wajib Diketahui

  2. Fakta-fakta dan Faktor Penentu Kesehatan Mental

  3. Depresi : Fakta Kunci, Penyebab, Jenis, Gejala dan Pengobatan

  4. Fakta Seputar Bunuh Diri yang Wajib Kamu Tau!

  5. Fakta Gangguan Mental yang Wajib Kamu Tau!

  6. Fakta Penting Kesehatan Mental dalam Keadaan Darurat


Respon Dunia terhadap Kesehatan Mental di Kalangan Orang Dewasa yang Lebih Tua

WHO mendukung pemerintah dalam tujuan memperkuat dan mempromosikan kesehatan mental pada orang dewasa yang lebih tua dan untuk mengintegrasikan strategi yang efektif ke dalam kebijakan dan rencana.

WHO mengakui demensia sebagai tantangan kesehatan masyarakat dan telah menerbitkan laporan, "Dementia: prioritas kesehatan masyarakat", untuk mengadvokasi aksi di tingkat internasional dan nasional. Demensia, bersama dengan gangguan mental depresi dan prioritas lainnya yang termasuk dalam Program Aksi Kesehatan Gap WHO Mental (mhGAP). Program ini bertujuan untuk meningkatkan perawatan untuk gangguan mental, neurologis dan penggunaan narkoba melalui memberikan bimbingan dan alat untuk mengembangkan pelayanan kesehatan di daerah miskin sumber daya.

WHO telah menyelenggarakan Konferensi Tingkat Menteri Pertama Global Action Against Demensia Maret 2015, yang dipupuk kesadaran kesehatan masyarakat dan tantangan ekonomi yang ditimbulkan oleh demensia, pemahaman yang lebih baik tentang peran dan tanggung jawab Negara Anggota dan pemangku kepentingan, dan menyebabkan "Panggilan untuk Action "yang didukung oleh para peserta konferensi.

Terimakasih telah membaca artikel bertajuk Fakta Kunci Kesehatan Jiwa Orang Dewasa yang membahas Fakta Kunci Kesehatan Jiwa Orang Dewasa, faktor risiko masalah kesehatan mental di kalangan orang dewasa yang lebih tua, demensia dan depresi di kalangan orang tua sebagai masalah kesehatan masyarakat, dan respon dunia terhadap kesehatan mental di kalangan orang dewasa yang lebih tua. Semoga membantu sahabat HamilBayi.com yang mencari buku jurnal psikologi antropologi pdf tentang kumpulan contoh pengertian, penyebab masalah, indikator permasalahan yang mempengaruhi upaya peranan guru dalam meningkatkan anak di indonesia.

Ungkap pendapat sahabat di kolom tersedia dan bagikan link makalah ini ke jejaring sosial!

Subscribe to receive free email updates: